Dark/Light Mode

62Trade.com Tawarkan Kemudahan Ekspor Untuk UMKM

Jumat, 24 Desember 2021 11:18 WIB
Peluncuran platform 62trade.com. (Foto: Istimewa)
Peluncuran platform 62trade.com. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM Indonesia pada 2018 sebanyak 64 juta. Jumlah itu setara 23,9 persen populasi Indonesia.

Pada 2020, pendapatan domestik bruto (PDB) nasional, UMKM memberikan kontribusi sekitar 61,07 persen. Namun, ekspornya hanya sebesar 4,09 persen dari total ekspor Indonesia. Sangat kecil bila dibandingkan negara tetangga di Asia Tetangga, yang sudah tembus double digit seperti Thailand sebesar 29 persen dan Malaysia 17 persen.

"Untuk itu, 62trade.com sebagai platform cross border trading, hadir sebagai fasilitator bagi UMKM Indonesia untuk melakukan ekspor. Baik yang memang sudah pernah melakukan ekspor, ataupun yang sama sekali belum pernah ekspor. 62trade.com memberikan solusi bagi rekan-rekan UMKM, yang sifatnya tailor made," ucap CEO 62trade.com Carlo Lukman, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (24/12).

Baca juga : BNI Xpora Perkuat Ekosistem Diaspora Dorong Kinerja Ekspor UMKM

Menurut Carlo, ada banyak solusi yang ditawarkan. Bila masalahnya adalah kurang luasnya pasar luar negeri, 62trade.com akan membantu mencarikan pembeli di benua yang bahkan belum tergarap.

Kemudian, jika masalahnya adalah modal kerja, maka 62trade.com bersama fintech partner akan membantu dari sisi permodalan. "Bahkan hingga UMKM tersebut kurang bisa berkorespondensi karena kendala bahasa, 62trade.com siap memberikan dukungan, membantu mereka menjadi titik kontak bagi pelanggan dari luar negeri," ucapnya.

Platform cross border trading ini diluncurkan secara daring, Senin (20/12) dengan menghadirkan narasumber yang kompeten. Peluncuran diisi dengan acara berbagi pengalaman sekaligus pengetahuan kepada para pelaku UMKM Indonesia yang hadir.

Baca juga : DPR Ogah Ada Pembatasan Umur Untuk Nyaleg

Dr Sastia Prama Putri, salah seorang diaspora Indonesia yang ada di Jepang turut hadir. Pekan lalu, Sastia diangkat menjadi Ketua Umum Ikatan Imuwan Indonesia International dan berhasil membawa tempe untuk diekspor secara rutin ke Jepang. Hal yang membanggakan, mengingat Jepang adalah market yang unik, perlu usaha lebih untuk dapat di terima pasar Jepang.

Menurut Sastia, 62trade.com akan membantu kecepatan eksposur produk-produk UMKM Indonesia terhadap komunitas pembeli luar negeri. "Sesuatu yang sebelum era digital sulit sekali dinikmati oleh pelaku usaha Indonesia. Lebih dari itu platform 62trade membuat pembeli dan penjual memiliki tempat virtual bertransaksi yang aman dan trustworthy," ucapnya.

Sementara, Direktur PT Global Armada Logistic Rudy Chandra berharap, 62trade.com bisa digunakan dan diakses banyak UMKM dan industri lain.

Baca juga : Semarak Smart City, BNI Tawarkan Solusi Keuangan Terintegrasi

"Saya ingin 62trade.com menjadi most preferred digital cross trading platform bagi para UMKM di seluruh Indonesia. Karena simple dalam penggunaan, terpercaya, dan memberikan solusi bagi mereka," ucap Carlo. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.