BREAKING NEWS
 

Diresmikan Puan, Pasar Banyumas Kerek Ekonomi Warga Jateng

Reporter & Editor :
MUHAMAD FIKY
Kamis, 7 Juli 2022 01:22 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Pasar Banyamas Rabu (6/7)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Cucu dari Presiden Soekarno ini datang meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai direhabilitasi. 

Setibanya, Puan menyapa para pedangan di Pasar Banyumas. Ia mengatakan, pasar adalah tempat dimana warga dapat mengukur dan merasakan kekuatan serta keseharian ekonomi rakyat. Jika pasar ramai, berarti ekonomi di daerah tersebut, berjalan dengan baik.

"Kebersihan pasar juga mencerminkan kondisi eknomi sosial di sekitarnya. Sehingga diharapkan baik pedagang maupun pembeli serta Pemda terkait tetap selalu menjaga pasar ini agar tetap bersih dan nyaman," kata Puan Rabu (6/7). 

Baca juga : Di Pasar Banyumas, Puan Cek Stok Pangan Sambil Belanja Sayur

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti menjelaskan, rehabilitasi Pasar Banyumas mulai dikerjakan sejak Oktober 2020 dan selesai 100% pada Juli 2021. Pekerjaan rehabilitasi dilaksanakan oleh PT Anugrah Mitra Kinasih serta PT Ciria Expertindo Consultant KSO PT Dieng Agung sebagai konsultan manajemen konstruksi dengan biaya APBN sebesar Rp17,6 miliar. 

Adsense

"Pasar seluas 4.213 m2 ini dapat menampung 441 pedagang. Rehabilitasi Pasar Banyumas menerapkan konsep Green Building dengan dilakukan penghijauan di sekitar pasar," kata Diana 

Ia mengungkapkan, rehabilitasi pasar bersertifikat Building Information Modelling (BIM) ini meliputi pembangunan gedung 2 lantai yang terdiri dari 81 unit kios,  191 unit los, dan 10 lapak kuliner. Selain area jual beli, dibangun juga ruang kesehatan, ruang pengelola pasar, toilet dan mushola, rumah pompa, ramp disabilitas, parkir mobil, motor, dan sepeda, serta penataan lansekap (penataan pohon pulai, pohon tabebuya, pohon ketapang kencana, dan tanaman perdu. 

Baca juga : Millie Lukito Emban Amanah Ketua Bidang Ekonomi DPP Partai Nasdem

"Semoga pasar ini dapat menjadi pasar percontohan di Kabupaten Banyumas dan menjadi simbol kebangkitan ekonomi lokal Jawa Tengah pasca pandemi," ujar Diana. 

Salah satu pedagang Pasar Banyumas, Wirasem  mengatakan, kondisi pasar sekarang lebih bersih, rapi, nyaman, dan aman. Pembeli juga merasa lebih nyaman dan ramai datang ke pasar.

 “Omzet penghasilan juga meningkat dibandingkan saat pandemi,” tuturnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense