BREAKING NEWS
 

Biar Naik Kelas

Melani Suharli Dorong UMKM Go Digital Pasarkan Produknya

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Minggu, 11 September 2022 09:30 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Demokrat Melani Leimena Suharli kembali membekali konstituennya, khususnya UMKM, dengan ilmu baru.

Kali ini, tentang pemasyarakatan konsultasi bisnis bagi wirausaha. Sosialisasi tersebut difasilitasi Kementerian Koperasi dan UKM, khususnya Deputi Konsultasi Bisnis dan Pendampingan.

Saat memberikan sambutan, Melani mengingatkan pentingnya UMKM untuk melakukan transformasi digital dalam memasarkan produknya.

"Kita melihat UMKM zamannya digital marketing, untuk bersaing di era ini, era pandemi," ujar Melani, di Hotel Amos Cozy Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (10/9). 

Baca juga : Dorong Bisnis UMKM, BCA Genjot Pembiayaan Perbankan

Dia memaparkan, berdasarkan data dari Indonesian E-commerce Association (idEA) dan We Are Social, selama pandemi, kegiatan belanja online di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 25 persen hingga 30 persen.

"Konsumen memilih berbelanja online untuk menghindari kerumunan. Kondisi ini menyebabkan tren digital marketing semakin diminati oleh pelaku usaha," ungkapnya.

Karena itu, perkembangan ekonomi digital dan transformasi digital menjadi keharusan bagi UMKM untuk meningkatkan efisiensi dalam pengembangan usaha.

Selain membantu pemasaran, digitalisasi UMKM juga mempermudah transaksi dan pencatatan keuangan melalui platform pembayaran digital.

Baca juga : Melani Suharli Fasilitasi UMKM Di Jaksel Dan Jakpus Dapat Sertifikasi SNI

"Karena itu, untuk menumbuhkan semangat wirausaha harus dilakukan upaya masif agar pelaku UMKM memiliki kapasitas mumpuni menyambut platform digital," ingat anggota parlemen 3 periode ini.

Sejauh ini, salah satu tantangan bagi para pelaku UMKM adalah kemampuan dan pengetahuan SDM mereka dalam memanfaatkan teknologi platform digital.

Mereka kesulitan menentukan platform digital untuk target konsumen apakah email, blog, telepon dan media sosial, seperti Facebook, Instagram Twitter, WhatsApp, atau TikTok. Serta, strategi pemasaran digital.

Baca juga : Dorong UMKM Go Digital, Teten Gaet Jagoan Internet Marketer

"Jadi kita harap para pelaku usaha melek digital harus mengikuti perkembangan digitalisasi. Hari ini kita masuk era industri 4.0, semua kemudahan usaha digitalisasi kita harus melek jangan ketinggalan informasi," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense