BREAKING NEWS
 

Tahun Depan Situasi Ekonomi Makin Sulit

BPIH Tahun Ini Tidak Rasional

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : AULIA DARWIS
Selasa, 8 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VIII DPR M Husni. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah diminta mencari formulasi tepat untuk menghitung biaya yang dikeluarkan para jemaah haji untuk tahun pemberangkatan 2023. Agar, para jemaah tidak terbebani mengingat kemungkinan besar situasi perekonomian global makin sulit.

Anggota Komisi VIII DPR M Husni mengatakan, besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1443 H/2022 Masehi berdasarkan kurs rupiah terhadap dolar AS kurang lebih mencapai Rp 14.350. Sementara nilai rupiah saat ini terus menga­lami pelemahan hingga sebesar Rp 15.700.

Baca juga : Pioli Masih Betah Melatih Di Milan

“Itu melonjaknya pesat sekali,” kata Husni dalam ra­pat kerja Komisi VIII bersa­ma Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Kesehatan di Gedung Parlemen, Jakarta, ke­marin.

Husni bilang, BPIH yang ditetapkan saat itu sebesar Rp 81,7 juta lebih. Sementara biaya perjalanan ibadah haji (bipih) yang harus dikeluarkan para jemaah sebesar Rp 39,8 juta juta lebih. Dengan situasi perekonomian yang diprediksi makin sulit di tahun depan, biaya tersebut tentu sudah tidak rasional.

Baca juga : Jadi Penopang Ekonomi Dan Transisi Energi, Indonesia Butuh Nikel

“Tahun 2023 itu diprediksi menjadi tahun krisis ekonomi dunia yang katanya ada 60 negara mengalami kebangkru­tan. Tentunya harga minyak, makanan, jadi naik pesat sekali sehingga ke depan angka 39 juta yang dikeluarkan jemaah itu sudah tidak rasional lagi,” jelasnya.

Husni menuturkan, besaran angka BPIH yang ditetapkan tahun ini sebenarnya terbantu dari komponen nilai manfaat yang diperoleh akibat tidak ter­laksananya ibadah haji selama dua tahun. Dana tersebut berasal dari rekening virtual account para jemaah haji yang jumlahnya sangat signifikan.

Baca juga : Ekonomi Dunia Suram Indonesia Titik Terang

“Tapi kalau tahun 2023 lancar mungkin virtual account-nya sudah tidak ada. Sementara dana manfaat ini kan tidak mungkin mengambil lebih dari 50 persen karena berbahaya. Bisa-bisa nanti 40 tahun nanti kita tidak memberangkatkan jemaah lagi,” ujarnya.

Adsense

Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menyoroti saldo akhir biaya pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang menca­pai Rp 546 milar lebih. Sisa saldo ini terbilang sangat be­sar. Apalagi, Pemerintah sibuk mencari kekurangan dana untuk menutupi biaya masyair yang cukup tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense