BREAKING NEWS
 

Jelang Bulan Puasa, Kebutuhan Pangan Naik

Stabilkan Harga, Jaga Stok

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : AULIA DARWIS
Selasa, 14 Maret 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi DPR Johan Rosihan. (Foto: DPR)

 Sebelumnya 
Sementara, Ketua Umum DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengingatkan, fase-fase kenaikan harga pangan jelang puasa dan Lebaran 2023. Fase pertama biasanya terjadi pada 3 hari sampai dengan 1 pekan menjelang Ramadan. Hal ini terjadi karena permintaan masyarakat cukup tinggi.

Mansuri berharap, dalam fase pertama ini, Pemerintah dapat menjaga pasokan bahan pangan di pasar.

Baca juga : Lakukan Sejak Dini, Remaja Jangan Ragu Konsultasikan Kesehatan

“Kita memiliki masyarakat yang turun temurun berbudaya dalam menyambut awal Ramadan menyajikan makanan-makanan istimewa,” ujar Mansuri dalam keterangannya, kemarin. Fase kedua, lanjut dia, terjadi 7 hari sampai 3 hari menjelang Idulfitri. Pada fase ini, banyak terjadi kendala di distribusi karena beberapa komoditas harus terganggu dengan adanya arus mudik Lebaran.

Sedangkan dalam waktu transisi fase pertama dan kedua, terjadi penurunan permintaan yaitu di waktu pertengahan Ramadan. Lalu melonjak tinggi lagi di penghujung Ramadan menuju ke Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga : Ganjar Jaga Harga Kebutuhan Pokok Untuk Tekan Laju Inflasi

Menurut dia, biasanya pedagang dan masyarakat mempersiapkan beragam macam hidangan pada hari raya sehingga permintaan pun akan melonjak tinggi.

“Kami harap dalam fase ini, Pemerintah dapat menjaga pasokan tetap aman dan distribusi lancar,” harap dia.

Baca juga : Jelang Ramadhan, Kemendagri Minta Daerah Pantau Harga Sembako

Terakhir, fase ketiga, yakni 2-3 hari setelah Lebaran. Pada fase ini banyak komoditas tidak dapat ditemui di pasar tradisional.

“Fase ini juga rawan. Pemerintah harus mengantisipasi agar masyarakat bisa tersenyum dan lancar menjalankan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense