BREAKING NEWS
 

Azis Syamsuddin Apresiasi Kepemimpinan Indonesia di Dewan Keamanan PBB

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : UJANG SUNDA
Sabtu, 5 September 2020 08:37 WIB
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (Foto: Instagram/azissyamsuddin.korpolkam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR Bidang Korpolkam Azis Syamsuddin memuji kepemimpinan Indonesia di Dewan Keamanan PBB yang berakhir Agustus 2020. Azis mengapresiasi upaya Delegasi Indonesia memimpin berbagai sidang Dewan Keamanan termasuk memfasilitasi tercapainya sejumlah kesepakatan antar seluruh anggota Dewan Keamanan dan menghasilkan berbagai konsensus dan resolusi yang berguna bagi perdamaian dunia.

"Selama bertindak sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB, Delegasi Indonesia mampu memberikan kontribusi yang penting bagi kemajuan diplomasi Indonesia, dengan tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip multilateralisme yang adil di kancah Internasional," kata Azis, dalam keterangannya, Sabtu (5/9).

Adsense

Baca juga : Komisi VIII: Perempuan Dan Anak Adalah Kunci Kemajuan Bangsa

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, saat ini wajah ancaman yang dihadapi setiap negara dan bangsa bukan lagi negara lain, melainkan sesuatu yang melampaui dirinya seperti masalah perubahan iklim, kerusakan lingkungan hidup, krisis energi, dan masalah pandemi yang kita hadapi sekarang. Semua masalah itu mengancam kehidupan semua bangsa tanpa pandang bulu, dan solusinya tidak mungkin ditanggulangi sendiri oleh setiap bangsa. "Tanpa semangat gotong royong, solidaritas, dan kerjasama multilateral, semua tantangan global itu akan sulit kita atasi," ujarnya.

Azis menjelaskan, Indonesia selaku Presiden Dewan Keamanan PBB berhasil menjaga prinsip-prinsip multilateralisme dalam setiap sidang dan proses pengambilan keputusan di DK PBB. Terkait adanya protes, penolakan dan veto dari Amerika Serikat terhadap resolusi yang diusulkan Indonesia, itu hal biasa dalam demokrasi dan kerangka kerja sama multilateralisme. "Tentunya hal ini mengharumkan nama bangsa dan patut kita apresiasi setinggi tingginya" tutupnya.

Baca juga : Terkait RUU Cipta Kerja, Ibas Ingatkan Pentingnya Kesejahteraan Para Pekerja

Seperti diketahui, di bawah kepemimpinan Indonesia, Dewan Keamanan PBB telah mengesahkan 4 resolusi yaitu perdamaian di Lebanon, perpanjangan mandat misi pemeliharaan perdamaian di Somalia, perpanjangan rezim sanksi di Mali, serta mengenai personel penjaga perdamaian perempuan yang diprakarsai Indonesia yang merupakan resolusi pertama dalam sejarah Diplomasi Indonesia di Dewan Keamanan PBB dan disponsori 97 negara Dewan Keamanan PBB. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense