BREAKING NEWS
 

Gedung DPR Jadi RS Corona

Mbak Puan, Setuju?

Reporter : M ADE AL KAUTSAR
Editor : UJANG SUNDA
Sabtu, 10 Juli 2021 08:16 WIB
Spanduk Covid-19 dilarang masuk di pintu gerbang Gedung DPR. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ide agar Gedung DPR bisa dimanfaatkan sebagai Rumah Sakit (RS) Covid-19 terus menggelinding di sosial media. Sebab, rumah sakit di mana-mana pada penuh. Usulan ini dapat dukungan sekaligus penolakan dari anggota DPR. Nah, kalau Mba Puan setuju nggak?

Ketua DPR Puan Maharani belum bersuara mengenai usulan tersebut. Namun, belakangan ini Puan cukup concern menyoroti kapasitas rumah sakit Covid-19. Pada Kamis (7/7), ia bahkan bela-belain datang ke Jawa Timur mengecek langsung. Salah satunya Rumah Sakit Darurat Lapangan Tembak Kedung Cowek, di Surabaya.

"Rumah-rumah sakit darurat harus disiapkan untuk menampung lonjakan pasien Covid-19," kata Puan, ketika itu.

Sehari sebelum kunjungan ke RS Darurat Lapangan ini, Puan sempat mengeluhkan, di mana-mana rumah sakit penuh. Sehingga banyak pasien, baik yang bergejala berat maupun ringan, kebingungan mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ketua DPP PDIP ini pun mengusulkan agar Pemerintah menambah kapasitas rumah sakit Covid-19. Beberapa ide yang diutarakan Puan antara lain; mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut, KRI DR Suharso, hingga pemanfaatan kapal-kapal milik Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

Selain rumah sakit kapal itu, lapangan dan bangunan-bangunan, menurut Puan juga bisa dialihfungsikan sebagai RS Covid-19. "Bangun rumah-rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan yang bisa dialihfungsikan," usul putri bungsu Megawati Soekarnoputri ini.

Meski pun Puan belum bersuara, dukungan agar gedung DPR bisa dimanfaatlan sebagai RS Corona sudah datang dari beberapa penghuninya. Salah satunya, anggota Fraksi Demokrat DPR Benny K Harman.

"Kalau memang rumah sakit sudah penuh sehingga banyak pasien Covid terlantar dan harus tunggu antre berjam-jam, sebaiknya halaman dan Gedung DPR/MPR dijadikan rumah sakit darurat. Untuk keselamatan rakyat, keselamatan dan kesembuhan pasien Covid. Ada pendapat lain?#Liberte!" cuitnya, di akun @BennyHarmanID.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense