BREAKING NEWS
 

Raih Silver Play Button, Bamsoet Sah Jadi YouTuber

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Jumat, 30 Juli 2021 16:35 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) bersama Atta Halilintar saat unboxing penghargaan dari Kantor Pusat YouTube berupa Silver Play Button, di Studio Digital Black Stone, Jakarta, Jumat (30/7). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendapatkan penghargaan Silver Play Button dari YouTube dalam program Creator Awards, atas capaian kanal YouTube Bamsoet Channel memperoleh 100 ribu lebih subscriber. Mulai bergabung di YouTube pada 11 Juni 2020, kanal YouTube Bamsoet Channel kini sudah memiliki 121.255 subscriber. Menayangkan 496 video, dengan total jam tayang mencapai 597.421 jam dan total penonton mencapai 6.764.244 penonton.

"Setelah melakukan Sosialisasi Empat PIlar MPR melalui Youtube, saya juga akan melakukan Sosialisasi Empat PIlar MPR dengan menggunakan platform yang sedang tren di kalangan anak muda milenial yaitu TikTok, dengan akun Bamsoetchannel. Melalui Instagram, YouTube dan TikTok, Sosialisasi Empat PIlar MPR bisa dibuat lebih segar, lebih milenial, dan lebih kekinian,” ucap Bamsoet, saat unboxing (membuka) penghargaan dari Kantor Pusat YouTube yang berkedudukan di San Bruno, California AS berupa Silver Play Button bersama Atta Halilintar, di Studio Digital Black Stone, Jakarta, Jumat (30/7).

Baca juga : Banteng Sulap Kantor Partai Di Daerah Jadi Dapur Umum

Menurutnya, cara itu juga simpel. Sebab, tidak perlu mengumpulkan banyak orang di sebuah ruangan untuk memberikan edukasi tentang Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. “Karena bisa dilakukan dari mana pun dan menjangkau siapa pun," tambahnya.

Ketua DPR ke-20 ini menuturkan, hingga kini penonton kanal YouTube Bamsoet Channel terdiri dari 68,8 persen laki-laki dan 31,3 persen perempuan. Rentang usia 25-34 tahun (35 persen), 18-24 tahun (25 persen), 35-44 tahun (20 persen), 55-64 tahun (5 persen). serta sisanya berada dalam rentang usia 13-17 tahun. 

Baca juga : Ketagihan Food Delivery, Bobot Naik Jadi 100 Kg

"Sebanyak 93,6 persen penonton berasal dari Indonesia. Sebanyak 2,1 persen dari Malaysia, 0,8 persen dari Taiwan, 0,6 persen dari Hongkong, 0,4 persen dari Singapura, 0,4 persen dari Arab Saudi, 0,3 persen dari Amerika, dan 0,2 persen sisanya dari 40 negara lainnya," beber Bamsoet.

Adsense

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, desain material Silver Play Button terdiri dari 92 persen nikel, 5 persen karbon, 2,5 persen seng, dan juga material lainnya. Selain Silver Play Button, YouTube juga memberikan penghargaan lain bagi para konten kreator. Semisal Gold Play Button bagi konten kreator yang memiliki 1 juta lebih subscriber, Diamond Play Button dengan 10 juta lebih subscriber, Ruby Diamond Play Button dengan 50 juta subscriber dan Red Diamond Play Button dengan 100 juta subscriber.

Baca juga : Sah, Bamsoet Dilantik Jadi Ketua Umum Tarung Derajat

"Di Indonesia, sudah banyak konten kreator yang mendapatkan penghargaan dari level Silver hingga Diamond. Salah satunya, Atta Halilintar yang menjadi YouTuber pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan Diamond Play Button pada 2019, lima tahun setelah bergabung di YouTube pada tahun 2014. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat Atta Halilintar yang kini memiliki 27,7 juta Subscriber bisa mendapatkan Ruby Diamond hingga Red Diamond Play Button dari YouTube," urai Bamsoet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense