BREAKING NEWS
 

Berebut Jokowi Effect

Mas Gibran Dan Bang Bobby Dikerubuti Elit Politik Nih...

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Minggu, 10 April 2022 08:00 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski Pemilu 2024 masih lama, tapi silaturahmi politik yang dilakukan sejumlah elit partai sudah berjalan. Di antara mereka ada yang mendatangi anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Belum lama ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang juga anak pertama Jokowi kedatangan tamu penting. Mereka adalah Sekretaris Jenderal dan pengurus DPP Partai Gerindra. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sudah lebih dulu datang.

Baca juga : Jokowi: Jangan Buat Heboh Di Permukaan

Tak mau ketinggalan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga memanfaatkan kunjungan kerjanya bertemu Muhammad Bobby Nasution, menantu Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Medan.

Apakah keduanya berusaha mencari restu Jokowi? Seberapa besar pengaruh Jokowi untuk Pilpres 2024? Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC) Rio Prayogo menilai, langkah tepat untuk mencari dukungan Jokowi melalui berbagai strategi. Seperti menemui anak dan menantunya.

Baca juga : PDIP: Majunya Gibran Di Solo Bukan Dinasti Politik

Sebab, Jokowi Effect pada 2024 cukup signifikan. Sebagai presiden dua periode, Jokowi punya pengaruh besar dalam setiap langkah politik maupun kebijakannya. Apalagi gerakanserta basis massa relawan Jokowi masih kuat hingga hari ini. “Tak heran banyak calon merapat ke Jokowi. Dia berpotensi menjadi King Maker dalam Pilpres 2024,” kata Rio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dipaparkannya, hasil Survei PRC yang dilakukan pada 12 November-4 Desember 2021 menunjukkan, publik yang akan mempertimbangkan cukup konsisten berada dalam kisaran 42-46 persen. Sedangkan yang menyatakan tidak akan mengikuti berada di kisaran 11-14 persen persen, dan sisanya akan mengikuti pilihan Jokowi berada di angka 23-28 persen.

Baca juga : Keputusan Jokowi Pertahankan BG sebagai Kepala BIN Bisa Dimengerti dan Tepat

“Memang mayoritas masyarakat Indonesia akan mempertimbangkan keputusan atau pilihan dari Jokowi pada Pilpres 2024,” ujar Rio.

Adsense

Para elite politik yang akan bertarung pada 2024, kata dia, memahami situasi, dan besarnya kekuatan Jokowi di 2024 meski sudah pensiun. Merasa perlu dukungan Jokowi, salah satu caranya yakni dengan melakukan kunjungan ke putra mahkotanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense