BREAKING NEWS
 

Andalkan Komandante Kabupaten Klaten

Banteng Mau Dongkrak 70 Persen Kursi DPRD

Reporter : SUSILO YEKTI
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Rabu, 27 April 2022 07:45 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Klaten, Sri Mulyani. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, optimis merebut banyak kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Partai berlambang Banteng Moncong Putih itu akan memaksimalkan komandan teritorial (komandante) yang ada di kecamatan untuk mewujudkan target tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Klaten, Sri Mulyani mengatakan, kehadiran komandante memiliki peran besar dalam meningkatkan perolehan suara di Pileg mendatang. Karenanya, DPC PDIP Kabupaten Klaten optimis menaikan perolehan kursi hingga 70 persen, atau meraih 33 kursi di DPRD.

“Pada Pemilu 2019, kami meraih 19 kursi. Pemilu 2024, kami menargetkan meraih 33 kursi di DPRD Kabupaten Klaten,” ujar Mulyani di Klaten, Jawa Tengah (Jateng), kemarin.

Baca juga : Kunker Ke Jateng, Puan Bakar Semangat Mahasiswa Penerima KIP Kuliah

Lebih lanjut, ia menguraikan, komandante bertugas untuk memastikan dan memaksimalkan jalannya mesin partai dalam memperoleh suara. Saat ini, sambung dia, sebanyak 33 komandante telah tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Klaten.

Adsense

Mulyani menambahkan, jumlah personil komandante di setiap kecamatan berbeda-beda. Menurut dia, jumlah mereka ditentukan, atau disesuaikan dengan jumlah daerah pemilihan (dapil) di kecamatan tersebut.

Pembentukan komandante, lanjut dia, didasarkan pada Surat Keputusan (SK) sementara dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Tengah, Desember 2021 lalu. Keberadaan mereka pun diawasi, bila tidak aktif turun ke wilayah tempurnya dan tidak sesuai garis partai.

Baca juga : Keluarga Mahasiswa Banten Bogor Raya Siap Bersinergi Dengan TNI-POLRI

“Dengan kerja keras dan pengoptimalan peran 33 komandante, saya optimistis, seluruh target DPC PDIP Klaten bisa tercapai. Semua komandante akan bertanggung jawab dalam memaksimalkan perolehan suara di wilayahnya,” tegas Bupati Klaten itu.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten, Kartika Sari Handayani mengatakan, Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Kabupaten Klaten mencapai 956.240 jiwa per Februari 2022. Rinciannya, pemilih laki-laki berjumlah 470.513 jiwa dan pemilih perempuan berjumlah 485.727 jiwa.

Menurut Kartika, jumlah pemilih dalam DPB merupakan gambaran jumlah suara yang akan diperebutkan oleh para peserta pemilu. Namun, angka tersebut masih terus diupdate setiap bulan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 tahun 2021 Tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Baca juga : Golkar Kabupaten Tangerang Pasang Target 12 Kursi DPRD

“Kami terus melakukan koordinasi dengan dinas kependudukan, untuk memutakhirkan data pemilih Pemilu mendatang,” pungkasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense