Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunker Ke Jateng, Puan Bakar Semangat Mahasiswa Penerima KIP Kuliah

Selasa, 26 April 2022 16:06 WIB
Ketua DPR Puan Maharani mengunjungi acara Bimbingan Teknis Pemasaran Ekonomi Kreatif untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah, di Solo, Selasa (26/4). (Foto: Khoirul Umam)
Ketua DPR Puan Maharani mengunjungi acara Bimbingan Teknis Pemasaran Ekonomi Kreatif untuk mahasiswa penerima KIP Kuliah, di Solo, Selasa (26/4). (Foto: Khoirul Umam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani tengah melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Mengawali rangkaian kunjungan, Puan mengunjungi acara Bimbingan Teknis Pemasaran Ekonomi Kreatif untuk mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, di The Sunan Hotel, Solo, Selasa (26/4).

Di hadapan para mahasiswa, Puan menyinggung kekayaan sumber daya manusia Indonesia yang luar biasa. Apalagi dengan kondisi bonus demografi yang ada di depan mata. “Kita memiliki sekitar 270 juta penduduk, terbesar ke-4 di dunia. Mayoritas generasi muda yang sering disebut bonus demografi,” kata Puan, membuka sambutannya. 

Artinya, ungkap dia, hal ini merupakan kesempatan luar biasa bagi Indonesia untuk memaksimalkannya. "Karena kemajuan bangsa tergantung kemajuan manusianya,” tambah dia.

Baca juga : OJK Pamer Stabilisasi Keuangan Dalam Negeri

Puan menyebut, KIP merupakan wujud kehadiran negara dalam pengembangan SDM Indonesia. Melalui KIP, Ketua DPP PDIP itu berharap semua generasi muda punya kesempatan yang sama dalam dunia pendidikan. “Di dalam Indonesia yang maju, kita tidak ingin ada anak Indonesia yang tidak bisa menempuh pendidikan tinggi karena masalah biaya,” ungkapnya.

Melalui Bimtek ini, Puan berharap kreativitas generasi muda semakin terbuka dan terasah, agar potensi ekonomi kreatif bisa dimaksimalkan. “Ekonomi kreatif memiliki potensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang utama di masa depan. Dan kalian adalah penggerak utamanya,” imbuh Puan.

Bimtek KIP digelar bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tahun 2020, total ada 2.250 orang yang menerima KIP Kuliah. “Dalam acara ini hadir mahasiswa dari seluruh Jateng. Utamanya Solo Raya, Sragen, Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Semarang, Kebumen, dan Magelang,” jelas Erwin Nopiter Situmorang, panitia acara Bimtek KIP.

Baca juga : Bos OJK Pamer Stabilisasi Keuangan Tanah Air Ke Investor Amerika

Salah satu peserta adalah Anggita Viska Alfiansah dari Universitas Sahid Surakarta. Anggita merupakan mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis. Latar belakang orang tua Anggita adalah pedagang buah-buahan.

Mulanya, selepas SMA, Anggita sempat berencana tidak akan melanjutkan pendidikan. Hal ini karena keluarganya tidak memiliki biaya yang cukup untuk Anggita mendaftar kuliah. Tapi, nasib berkata lain saat dirinya mendapatkan bantuan dari program KIP. “KIP Kuliah ini sangat membantu. Jumlah uang sakunya sangat mencukupi. Saya juga dapat membantu perekonomian keluarga,” tutur Anggita.

Peserta lain, Satrio Damarbuwono, dari STMIK Bina Patria Magelang. Satrio mengambil jurusan Sistem Informasi. “Saya sangat tertarik dengan skena ekonomi kreatif. Menurut saya, acara Bimtek Pemasaran Ekonomi Kreatif ini sangat relevan di era digital seperti saat ini,” ucap Satrio.

Baca juga : Putra Ferdinand Marcos Selamat Dari Kasus Penggelapan Pajak

Puan akan berada di Jawa Tengah selama dua hari. Yaitu 26 dan 27 April. Di provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo itu, Puan akan melakukan berbagai kunjungan. Di antaranya menengok Kantor DPC PDIP Jawa Tengah serta meresmikan objek wisata The New Kemukus yang terletak di Desa Pandem, Sumberlawang, Sragen. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.