BREAKING NEWS
 

Mau Koalisi Sama PKB Atau PDIP

Prabowo Dan Gerindra Tetap Hoki

Reporter : BOY SAKTI HAPSORO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Jumat, 9 September 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri ) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) beserta jajaran petinggi partai saat melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022). (Foto: Dwi Pambubo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sedang menjalin komunikasi dengan partai penguasa, PDIP. Padahal, partai pimpinan Prabowo Subianto itu telah membangun Koalisi Indonesia Raya (KIR) bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Itu bukan soal. Mau sama PDIP atau PKB, Gerindra tetap hoki.

“Koalisi Gerindra kanan dan kiri oke. Ke PDIP oke, dengan PKB oke,” ujar Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Pengamat: Peluang Koalisi PDIP-Gerindra Terbuka Lebar

Karyono menganalisa, pertemuan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Puan Maharani dengan Prabowo di Hambalang, Jawa Barat, Minggu (4/9) merupakan embrio terciptanya koalisi PDIP-Gerindra. Seandainya, koalisi ini yang terbangun. Gerindra diprediksi tetap diuntungkan secara elektabilitas.

Demikian juga, jika Gerindra tetap setia bersama dengan PKB akan mendapatkan keuntungan karena memiliki efek ekor jas. Sebab, nama Prabowo diyakini tetap akan muncul sebagai kontestan baik itu dengan PDIP, maupun dengan PKB.

Baca juga : Muzani: Prabowo Dan Gerindra Komit Sejahterakan Petani

Menariknya, pertemuan Prabowo-Puan, pasca terbentuknya KIR tanpa menetapkan pasangan jagoan di Pilpres 2024, menandakan bahwa kursi Cawapres dari KIR itu masih kosong. Belum bisa dipastikan menjadi milik Ketum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. “Hanya Gerindra yang ramai menyatakan diri siap menjadi Capres. Artinya, wakilnya siapa belum ditetapkan,” katanya.

Kondisi membuka peluang untuk Puan. Selain itu, dimungkinkan KIR akan menjadi kuat dengan bergabungnya PDIP untuk menghadapi Pilpres 2024.

Adsense

Baca juga : KUHP Warisan Dari Belanda Siap Diganti

“Artinya, tinggal mencari cawapresnya Prabowo. Apa Muhaimin atau Puan. Maka tidak menutup kemungkinan tiga partai ini berkoalisi. Saya yakin, meskipun PDIP bisa mengusung sendiri, butuh koalisi,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense