BREAKING NEWS
 

Mencari Pendamping Anies

Aher Ditentang PKS Jawa Timur

Reporter : FAQIH MUBAROK
Editor : WIDIA SAPUTRA
Sabtu, 5 November 2022 07:35 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres Partai Nasional Demokrat (NasDem) Anies Baswedan sampai saat ini belum menemukan Cawapresnya. Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) mengusulkan nama eks Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher). Tapi di level daerah, punya usulan berbeda.

Tak ayal, usulan ini direspons antusias oleh kader di daerah. Belum lama ini muncul spanduk Anies-Aher berte­baran di sejumlah wilayah di Tangerang Selatan, Banten dan Jawa Barat. Bahkan, spanduk Anies-Aher juga muncul di wilayah Kota Semarang dan Yogyakarta.

Namun, PKS Jawa Timur, justru mengusulkan Gubernurnya, Khofifah Indar Parawansa sebagai cawapres Anies. “Mas Anies kuasai Jawa Barat, Bu Khofifah punya daya tarik dan elektabilitas di Jawa Timur, pasti menang secara nasional,” kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PKS Jatim, Mashuri Hariato.

Baca juga : Mandek Di Era Anies, Heru Kembali Lanjutkan Proyek LRT Jakarta

Mashuri sama sekali tak meragukan rekam jejak dan prestasi Aher. Namun, bicara politik elektoral, dia mengakui, akan berat untuk membangtu Anies di Jatim pada Pilpres 2024.

Adsense

Khofifah juga bisa menarik kekuatan politik di luar ko­alisi. Dia membeberkan peta suar di Jatim. Madura dan Pandalungan basisnya hijau. Pantai utara hijau campur biru. Merah tersebar di Mataraman.

“Kalau dikombinasikan, cawapresnya kuat di hijau dan Pak Anies karena kuat merah dan biru. Istilahnya, kerjanya bakal lebih keras Aher, ketimbang kalau pasangannya Bu Khofifah,” tuturnya.

Baca juga : PKS Sama Saja Bunuh Diri

Penolakan Aher sebagai Cawapres Anies juga diung­kapkan Ketua Umum Relawan Indonesia Milenial (IM) Anies, Oemar Hegaro.

“Anies-Aher, saya pikir muncul ke permukaan karena belum ada kesepakatan di anta­ra koalisi perubahan. Terutama antara Demokrat dan PKS. Silakan saja diusulkan, tetapi harus dipertimbangkan dengan cermat,” kata Oemar kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dipaparkan Oemar, Anies telah menggambarkan krite­ria Cawapresnya. Ada tiga yakni memiliki elektabilitas, memperkuat koalisi, dan ha­rus memiliki pengalaman pemerintahan sehingga bikin pemerintahan berjalan secara efektif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense