BREAKING NEWS
 

Pantengin Aktivitas Medsos

Perindo Jaring Pemilih Pemula

Reporter : BOY SAKTI HAPSORO
Editor : WIDIA SAPUTRA
Minggu, 4 Desember 2022 07:35 WIB
Juru Bicara DPP Perindo, Ike Suharjo. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mengamini, pemilih pemula akan menjadi penentu kemenangan di Pemilu 2024. Berbagai upaya telah dilaku­kan, mulai menyelami media sosial dengan menggunakan conten creator, hingga mem­buat program kebijakan ber­basis kepemudaan.

“Strategi pemilih pemula, harus dipikirkan serius,” ujar Juru Bicara DPP Perindo, Ike Suharjo kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menilik data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, katanya, angka pemilih pemula atau Gen Z mencapai 27,94 persen dari penduduk Indonesia, pe­milih milenial sebesar 25,87 persen. Singkatnya, pemilih pemula ini secara populasi mencapai 60 persen pemilih 2024, dan ini menjadi penentu kemenangan pada Pemilu 2024.

Baca juga : Perkuat Akuntabilitas BUMDesMa LKD, Gus Halim Akan Terbitkan Payung Hukum

Menurutnya, pemilih pemu­la ini masuk di ranah swing voters. Berubah-ubah, dan dapat menentukan pilihan saat akhir hendak memilih. Artinya, diperlukan riset mendalam agar mengerti dan memahami kehendak maupun pola pikir para kaum muda.

Adsense

Dikatakan, Perindo sudah melakukan pemetaan terhadap kaum muda. Salah satunya, melakukan pendekatan ala anak muda, mulai dari menyelami sosial media. Di sini, Perindo aktif membuat konten kreatif yang menghasilkan video positif untuk dikonsumsi anak muda.

“Misalnya, sekarang lagi ngetren kata-kata kamu nanya, kamu bertanya-tanya partai yang bagus apa, ya Perindo lah” kata Ike menirukan perbincangan yang sedang viral di media sosial saat ini.

Baca juga : Pintar Manfaatkan Medsos, Strategi Menteri Erick Moncer Gaet Pemilih Milenial Dan Gen Z

“Jadi, Gen Z itu digital native, bangun tidur, mau tiduritu lihat medsos dahulu. Itu aktivitas mereka, nah bagaima­na parpol mengemas dengan perkembangan generasi z itu. Perindo aktiv membuat konten creator memberikan pesan edukatif,” tambahnya.

Selain itu, Perindo juga melakukan penokohkan anak muda. Misalnya, di Perindo memunculkan tokoh muda anti korupsi seperti Tama S Langkun, hingga Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo.

Seluruh skuad Perindo ju­ga diberikan perannya untuk menggaet anak muda. Misalnya, ketika Ike yang juga berprofesi sebagai dosen muda. Diceritakannya, tidak sedikit anak didiknya yang merasa nyaman dan tertarik berbicara politik dengan dirinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense