BREAKING NEWS
 

Terima Kunjungan Dubes China, Airlangga Bahas Kerja Sama Vaksin

Reporter : EDY BURNAMA
Editor : FAQIH MUBAROK
Rabu, 2 Juni 2021 19:55 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia H.E Mr Xiao Qian di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (2/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia H.E Mr Xiao Qian di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (2/6). Pertemuan keduanya membahas kerja sama Partai Golkar dan Partai Komunis China (PKC).

"Ada beberapa hal yang dibahas, yaitu pengembangan sumber daya manusia, khususnya peningkatan pengembangan SDM," kata Airlangga Hartarto kepada wartawan usai pertemuan.

Di samping itu, kerja sama Partai Golkar dan PKC juga menyepakati untuk mendorong pemerintah masing-masing dalam hal kebijakan perdagangan internasional khususnya perdagangan antar kedua negara.

Baca juga : Kunjungi Yordania, Kepala BNPT Teken MoU Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga Hartarto juga mengapresiasi PKC yang pada Juli 2021 mendatang genap berusia 100 tahun. PKC juga mengundang Airlangga Hartarto untuk hadir sebagai penanggap perayaan 100 tahun PKC yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden China, Xi Jinping.

"Mereka mengundang kami untuk hadir secara virtual dalam summits tersebut. Kami diminta berpartisipasi untuk memberikan tanggapan baik melalui video maupun zoom. Kami akan hadir dalam acara tersebut," kata Airlangga Hartarto.

Adsense

Pada pertemuan itu juga dibahas juga soal vaksin dari China atas dasar kerja sama. Apalagi, Indonesia masuk dalam prioritas negara yang bisa memperoleh vaksin Sinovac dari China.

Baca juga : Harlah Pancasila, Ganjar Puji Kerja Nyata Gibran

"Tentu kerja sama ini akan terus ditingkatkan. Kita juga ada program vaksin gotong-royong yang bahan bakunya menggunakan Sinopharm yang dibeli sebanyak kurang lebih 7,5 juta dosis," ujar Airlangga.

Sementara itu, Dubes China untuk Indonesia H.E Mr Xiao Qian juga mengamini jika pertemuan mereka membahas soal ekonomi dari dua partai dan juga negara. Xiao Qian mengklaim jika Indonesia merupakan mitra dekat dari China.

"Indonesia adalah mitra baik dan juga dekat dengan kami dan bersahabat. Meskipun kedua negara kita sama-sama menghadapi Covid-19, tapi hubungan kita justru meningkat," ujar Xiao Qian.

Baca juga : Jokowi Tetapkan Panitia Presidensi G-20, Airlangga Pimpin Sherpa Track

Menurutnya, Indonesia dan China terus menjalin kerja sama di bidang perdagangan, investasi dan energi. Namun yang lebih menonjol, kata Xiao Qian, adalah kerja sama Vaksin Covid-19.

"Kerja sama vaksin menjadi yang lebih menonjol sekarang. Pihak Tiongkok bersedia melanjutkan kerja sama vaksin kedua negara kita yang mencakup pengembangan, penelitian, produksi dan juga pengadaan sehingga memberi kontribusi untuk Indonesia untuk mengalahkan Covid-19," tutup Xiao Qian.

Dalam pertemuan itu, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Bendahara Umum DPP Partai Golkar Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar bidang Perekonomian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar bidang Kominfo Nurul Arifin, Ketua DPP Partai Golkar bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Meutya Hafid dan Ketua DPP Partai Golkar bidang Hubungan Luar Negeri Dave Laksono. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense