BREAKING NEWS
 

Survei CISA: Kalau Pileg Digelar Sekarang, Yang Menang PDIP

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 3 Juni 2021 22:20 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Instagram PDIP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) berhasil mencatatkan diri sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi, berdasarkan hasil survei Lembaga Analis dan Konsultan Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA).

"Jika Pemilihan Legislatif dilakukan hari ini, PDIP berhasil mengungguli parpol lainnya dengan angka 18,91 persen. Di posisi kedua, ada Partai Demokat yang menunjukkan eskalasi keterpilihan di angka 13,22 persen," jelas Herry Mendrofa, Direktur Eksekutif CISA melalui siaran persnya, Kamis (3/6).

Di belakang PDIP dan Demokrat, terdapat Partai Golkar dengan elektabilitas 11,65 persen dan Partai Kebangkitan Bangsa 11,20 persen.

Baca juga : Pileg Dan Pilkada Lebih Penting Dari Pilpres

Survei yang melakukan wawancara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan antara surveyor dan responden ini, mendepak Gerindra dan Nasdem dari 5 besar partai dengan elektabilitas tertinggi.

Adsense

Sementara Gerindra meraup 10,36 persen,  Nasdem 6,43 persen. 

Penguatan elektabilitas PKS hingga 9,33 persen, membuat PAN dan PPP harus berada di posisi terakhir. Masing-masing dengan angka 3,35 dan 2,88 persen.

Baca juga : Survei BI: Penjualan Properti Mulai Naik

Di posisi terakhir ada Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapat 3,35 persen dan Partai Persatuan Pembanguan (PPP) sebesar 2,88 persen.

Namun masih terdapat 12,67 persen masyarakat yang belum menentukan sikap. "Ini bisa digarap oleh semua parpol, termasuk non DPR," pungkas Herry.

Survei CISA yang dimulai sejak tanggal 27 Mei - 1 Juni 2021 ini menyasar 1.600 responden di 34 provinsi secara proporsional, melalui penarikan sampel dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Baca juga : Terapkan Prokes, Tradisi Larung Kepala Kerbau Di Jepara Digelar Sederhana

Survei ini memiliki margin of error 2,85 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense