BREAKING NEWS
 

Bantu Bisnis Rakyat Kecil

Reporter & Editor :
KIKI ISWARA DARMAYANA
Sabtu, 22 Februari 2020 07:56 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Dampak negatif wabah virus corona di Wuhan, China mulai dirasakan rakyat kecil. Terutama mereka yang menggeluti usaha kerajinan dan industri kreatif di daerah tujuan wisata.

Setelah jalur penerbangan dari China ke Indonesia ditutup, kini praktis tak ada lagi turis asal negara tirai bambu itu, yang datang ke Bali, Sulawesi Utara dan Batam. Padahal sekitar 20 persen turis asing yang datang ke Bali, berasal dari China.

Baca juga : Ekonomi Lesu Akibat Corona

Hal yang sama juga terjadi di Sulawesi Utara. akibatnya, bisnis kerajinan rakyat, industri kreatif dan kuliner di daerah terebut lesu. Pendapatan mereka merosot. Sebab, bukan hanya turis asal China, tetapi jumlah turis dari negara lain juga menurun.

Adsense

Wabah corona menyebabkan orang di Asia takut bepergian jauh. Mereka takut terjangkit virus yang mematikan itu. Lesunya ekonomi rakyat di daerah tujuan wisata mesti diatasi dengan cara memberikan bantuan pinjaman bank dengan bunga rendah, promosi yang lebih gencar serta potongan harga tiket pesawat.

Baca juga : Lawan Penyebar Berita Bohong

Bila jumlah turis lokalnya meningkat, kita berharap bisnis kerajinan rakyat, industri kreatif dan kuliner bisa tertolong. Mereka yang terlibat di industri penerbangan, mesti sadar bahwa tanpa promosi berupa potongan harga tiket yang menarik, jumlah turis lokal tak akan bertambah.

Untuk ini, maskapai penerbangan BUMN, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II serta AirNav mesti rela pendapatannya berkurang selama dua atau tiga bulan mendatang. Kemudian, supaya turis lokal bisa mendapat tiket pesawat dengan harga yang lebih murah lagi, Pertamina perlu secepatnya menurunkan harga Avtur.

Baca juga : Cepat Evakuasi WNI Dari Wuhan

Perusahaan pelat merah itu mesti rela berkorban supaya ekonomi rakyat tidak terpuruk. Hanya BUMN-BUMN ini dan bank-bank BUMN yang bisa membangkitkan kembali ekonomi rakyat di daerah tujuan wisata.

Ekonomi rakyat tak boleh dibiarkan terpuruk. Sebab, kalau bisnis mikro yang digeluti rakyat kecil itu kolaps, pertumbuhan ekonomi negeri ini bisa anjlok ke angka 4,8 persen pada tahun 2020 ini. Jadi cepat bangkitkan kembali industri pariwisata di Bali, Sulawesi Utara dan Batam. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense