BREAKING NEWS
 

Panitia Pesonas 2022 Siap Gelar Test Event Di Semarang

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 21 Mei 2022 10:55 WIB
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 menggelar Test Event di Kota Semarang, pada 20-22 Mei 2022.

Kegiatan ini digelar untuk mengetahui segala aspek penyelenggaraan Pekan Special Olympics Nasional, 3-8 Juli mendatang.

Sebanyak 238 orang atlet Soina dari 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah akan mengikuti gelaran Test Event. Mereka akan berlomba mengikuti aturan-aturan penyelenggaraan Pesonas yang ditetapkan panitia.

Baca juga : Apri/Fadia Ke Semifinal

Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, lewat Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata menyiapkan venue di berbagai lokasi di Kota Semarang. Adalah venue-venue yang disiapkan adalah GOR Jati Diri, GOR Tri Lomba Juang, juga Lapangan UNNES Gunungpati.

Kegiatan test event akan mempertandingkan 8 (delapan) cabang olahraga, yaitu: Tenis Meja, Bulutangkis, Futsal, Bocce, Dance Sport (Tari Daerah), Senam Ritmik, Renang, dan Atletik. Sedangkan pelaksanaan empat kegiatan non kompetisi, yaitu: Healthy Atlet Strong Mind (HASM), Motor Activities Training Program (MATP), Family Congress, dan Atlete Leadership Program (ALPs).

Adsense

Kegiatan non olahraga seperti kesenian dan kegiatan pendukung yang dibutuhkan bagi pengembangan anak-anak disabilitas intelektual agar lebih mandiri seperti kesehatan dan keorganisasian.

Baca juga : Vespa World Days 2022 Siap Digelar Juni Di Bali

Pesonas yang pertama ini merupakan pengembangan. Pekan Olah Raga (Pornas) yang hanya menyelenggarakan kegiatan olahraga. Konsultan dari Special Olympics International Asia Pacific Region Amran Siregar menambahkan bahwa Pesonas adalah sesuatu yang tidak biasa saja. Dalam arti hanya Special Olympics Indonesia yang menyelenggarakan paduan antara olahraga dan non olahraga.

Hal itu menarik perhatian pihak Special Olympics International, sehingga Regional President and Managing Director, Asia Pacific, Dipak Natali berencana akan hadir.

“Saya ingin memastikan bahwa ajang Pesonas akan menjadi media pemilihan para atlet yang akan berangkat ke Special Olympics World Games mendatang di Berlin," ujarnya.

Baca juga : Menkeu Singapura Temui Ganjar Di Kediamannya

Semua atlet Special Olympics Indonesia yang akan berpartipasi di Pesonas mendatang punya kesempatan yang sama untuk terpilih.

Sebagaimana diketahui ajang olahraga tertinggi empat tahunan bagi disabilitas intelektual akan berlangsung di Berlin pada 17-25 Juni 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense