BREAKING NEWS
 

Kualifikasi Piala Asia

Skuad Garuda Wajib Pecundangi Nepal 2-0

Reporter : WURYANTO
Editor : SAIFUL BAHRI
Senin, 13 Juni 2022 08:44 WIB
Para pemain timnas senior Indonesia. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski Indonesia kalah dari Jordania 0-1 di laga kedua, Tim Garuda masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023. Syaratnya, pasukan Shin Tae-yong (STY) itu menang melawan Nepal di pertandingan pamungkas Grup A dengan selisih gol lebih dari dua.

Laga melawan Nepal akan digelar pada Rabu (15/6) pukul 02.15 WIB di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait. Dalam laga kedua di Stadion Jaber Al-Ahmad, pada Sabtu (11/6) malam atau Minggu (12/6) dini hari WIB, satu-satunya gol Jordania dilesakkan Y Al Aimat pada menit ke-49.

Shin mengakui keunggulan lawan kali ini. “Saya tidak akan menyangkal fakta soal kekalahan hari ini. Namun saya berterima kasih pada pemain yang sudah bekerja dengan keras,” kata Shin usai laga.

Baca juga : Ditekuk Yordania 0-1, Skuad Garuda Masih Berpeluang Lolos Ke Piala Asia

Shin mengakui pertandingan memang berjalan alot karena kedua tim saling serang serta gagal mengkonversi peluang menjadi gol. “

Lawan bermain dengan sangat baik,” kata Shin. Dengan hasil ini Indonesia turun ke posisi dua klasemen sementara Grup A dengan raihan tiga poin. Pada laga selanjutnya, Indonesia wajib menang dari Nepal untuk bisa melihat peluang lolos ke Piala Asia 2023.

Adsense

“Kami masih punya waktu satu laga lagi. Kami harus dapatkan tiga poin di laga selanjutnya dan saya yakin kami bisa raih poin penuh. Bagaimanapun saya merasa puas dengan permainan tim hari ini,” kata Shin.

Baca juga : Koalisi PKS-PKB Bisa Akhiri Perang Umat Di Medsos

Di pertandingan lainnya, Kuwait berhasil melibas habis Nepal 4-1. Artinya, peluang Indonesia lolos sebagai juara grup masih terbuka. Syaratnya, selain harus menang melawan Nepal dengan skor berapa saja, Indonesia berharap Kuwait menang dengan skor 1-0 atas Yordania.

Jika ini terjadi, akan ada perhitungan tiga tim dengan nilai sama yang akan menempatkan Indonesia sebagai juara grup dengan keunggulan produktivitas gol head to head. Shin melihat ini sebagai tantangan yang bagus bagi timnya.

Menurutnya, Indonesia punya mental yang kuat untuk bisa menaklukkan Nepal. “Kami punya mental yang kuat untuk pertandingan terakhir, kedua tim adalah tim yang bagus. Tentu itu tergantung bagaimana kesiapan pemain dan siapa yang punya keinginan kuat untuk memenangkan pertandingan,” kata Shin.

Baca juga : Bekuk Kuwait, Skuad Garuda Siap Tantang Yordania

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan optimistis Indonesia bisa lolos dan yakin bisa memetik kemenangan atas Nepal. “Mohon doa dan dukungannya agar semua pemain tetap dalam keadaan sehat sehingga bisa tampil maksimal lagi melawan Nepal,” imbuh Iriawan.

Nepal sudah dipastikan tersisih karena sudah dua kali kalah melawan Kuwait (0-2) dan Jordania (1-4). Nantinya, hanya juara grup dan lima runnerup terbaik yang lolos ke Piala Asia 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense