BREAKING NEWS
 

NOC Optimistis AWBG 2023 Bali Mampu Percepat Pemulihan Ekonomi Dan Pariwisata

Reporter : WURYANTO
Editor : SRI NURGANINGSIH
Kamis, 14 Juli 2022 12:10 WIB
Foto: dok. NOC Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) optimistis penyelenggaraan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Khususnya dalam membantu percepatan pemulihan ekonomi dan pariwisata pasca-pandemi Covid-19.

Sejalan dengan arahan Presiden Jokowi, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari meyakini AWBG Bali tak semata memberi keuntungan bagi dunia olahraga, tetapi juga dapat membawa dampak positif bagi sektor ekonomi dan pariwisata.

AWBG merupakan multi-event olahraga pantai dan air paling prestisius yang akan diikuti 1.200 atlet dan 1.400 official dari 100 negara dan juga terakbar karena akan menerima kedatangan representatif dari 205 NOC serta 36 Internasional Federation di seluruh dunia serta para petinggi organisasi internasional olahraga.

Baca juga : Dialog B20-G20 Indonesia Fokus Percepat Inklusi dan Transformasi Digital

Akan hadir nantinya pimpinan IOC, OCA, WADA, hingga CAS pada General Assembly.

Setelah Bali ditunjuk sebagai tuan rumah AWBG 2023 pada Juni, Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) bersama NOC Indonesia langsung memperkuat koordinasi.

Delegasi ANOC yang dipimpin Anggota Dewan Eksekutif ANOC dan Kepala Komisi Events Timothy Fok serta Sekretaris Jenderal Gunila Lindberg melakukan visitasi ke Pulau Dewata pada 7-12 Juli dan menemui lintas-kementerian di Jakarta sehari setelahnya.

Baca juga : BP Jamsostek Siap Bantu Pemerintah Percepat Pembangunan Mal Pelayanan Publik

“Koordinasi awal yang luar biasa. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk membawa banyak event olahraga internasional ke Indonesia sehingga dapat memberikan multi-layer effects bagi Indonesia, baik dari sektor olahraga hingga pariwisata dan ekonomi,” ujar Okto dalam pembukaan Move for Peace Photo Exhibition di Kantor NOC Indonesia, Rabu (13/7).

Menurut Okto, Presiden Jokowi memiliki perhatian penuh terhadap sektor olahraga Indonesia.

 Hal ini terlihat jelas melalui kebijakan-kebijakannya, baik pemberian apresiasi kepada atlet berprestasi hingga keseriusan peningkatan prestasi dengan membidik masuk 5 besar Olimpiade 2044, jelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Adsense

Baca juga : Gus Halim Kasih Penghargaan Kepada 10 Pemenang Promosi Desa Wisata

“Saat Presiden Jokowi menyambut Kontingen SEA Games di Istana Negara, beliau berbicara kepada saya dan Menpora Zainudin Amali bahwa mendorong perekonomian dapat dilakukan dengan membawa event internasional sebanyak-banyaknya ke Indonesia,” ujar Okto.

Ia menambahkan, saat melapor kepada Presiden Jokowi bahwa Bali menjadi tuan rumah AWBG 2023, beliau senang dan menyampaikan akan berbicara kepada Kementerian Keuangan agar AWBG Bali dapat berjalan dengan sukses

"Saya berharap AWBG Bali 2023 juga akan menjadi lanjutan suksesi G20 yang sedang berlangsung di Indonesia tahun ini serta selebrasi jelang perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-78," ujar Okto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense