Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gus Halim Kasih Penghargaan Kepada 10 Pemenang Promosi Desa Wisata

Kamis, 23 Juni 2022 20:40 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat memberikan penghargaan kepada 10 desa wisata sebagai pemenang dalam lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat memberikan penghargaan kepada 10 desa wisata sebagai pemenang dalam lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Halim memberikan penghargaan kepada 10 desa wisata sebagai pemenang dalam lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022.

Lomba yang berhadiah total Rp 1 miliar itu diikuti oleh 1.407 Desa Wisata yang dikelola BUM Desa dan BUM Desa Bersama dan telah masuk dalam aplikasi Desa Wisata Nusantara.

"Selamat kepada 10 Desa Wisata Pemenang. Lomba ini untuk memperkenalkan potensi wisata desa-desa kita. Dan bertujuan untuk menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing," ujar Gus Halim.

Hal ini disampaikannya dalam acara penghargaan program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN/Swasta dan Promosi Desa Wisata Nusantara, di Jakarta, Kamis (23/6).

Berita Terkait : Partai Garuda Sebut Mahathir Pemimpi Yang Tersesat

Gus Halim mengungkapkan, aplikasi Desa Wisata Nusantara yang menjadi salah satu syarat utama lomba, dibuat untuk kepentingan promosi desa wisata.

Semua biaya pembuatan dan operasional aplikasi ini ditanggung Kemendes PDTT. Jadi, pengelola desa wisata tak perlu mengeluarkan uang untuk memasukkan profil desa wisatanya.

"Aplikasi Desa Wisata Nusantara dapat menunjukkan Wisata Desa terdekat di lokasi kita sehingga memudahkan kita mengunjungi satu atau lebih Desa Wisata dalam satu waktu," bebernya.

Sementara itu, Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin menilai, aplikasi Desa Wisata Nusantara sejalan dengan program pemerintah yang terus berupaya memberdayakan ekonomi pedesaan.

Berita Terkait : Sukses Atasi Covid-19 di Tempat Kerja, PGE Raih Penghargaan Dari Kemnaker

Salah satunya, melalui pengembangan desa wisata termasuk desa wisata halal. Menurut Ma'ruf, desa wisata merupakan salah satu wujud community based tourism, yaitu konsep pariwisata yang berbasis masyarakat.

Perlu didorong untuk pengembangan desa wisata. Salah satunya melalui promosi. "Promosi merupakan kunci dari pengembangan Desa Wisata tersebut," bebernya.

Seperti diketahui, lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022 yang berhadiah total 1 milyar digelar untuk mendorong desa-desa wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan BUM Desa Bersama tumbuh dan bangkit pasca pandemi.

Kriteria pemenang adalah 10 Desa Wisata yang berhasil mendapat like alias tanda jempol terbanyak dari pengunjung atau wisatawan melalui aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dapat diunduh di android dan IoS.

Berita Terkait : Kedubes Malaysia: Pernyataan Mahathir Soal Kepri Tak Cerminkan Pemerintah

Berikut daftar 10 pemenang dalam lomba promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022:
 Selanjutnya