BREAKING NEWS
 

Timnas Kanada

Momen Penantian 36 Tahun Les Rouges

Reporter : JHON ROY PANGIBULAN SIREGAR
Editor : DEDE HERMAWAN
Jumat, 15 Juli 2022 07:00 WIB
Timnas Kanada. (Foto: Twitter @canadasoccer).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Kanada merupakan salah satu peserta Piala Dunia 2022 Qatar. Ini penampilan kedua tim asuhan John Herdman di ajang Piala Dunia.

Kanada memang tidak termasuk tim langganan di ajang Piala Dunia. Sepanjang sejarah, tim berjuluk Les Rouges ini hanya sekali bermain di turnamen empat tahunan tersebut, yaitu pada 1986 saat Meksiko menjadi tuan rumah.

Saat itu, Kanada tak pernah memenangi tiga pertandingan dan finish di posisi terbawah grup, yang diisi Uni Soviet, Prancis dan Hungaria, dengan nir poin.

Baca juga : Mendes: Dana Desa Boleh Digunakan Buat Tangani PMK

Kemudian, setelah 36 tahun penantian, Kanada akhirnya melaju ke Qatar setelah mendapatkan satu tiket sebagai wakil dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah dan Karibia atau Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (Concacaf). Yakni badan pengendali sepak bola di Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia.

Les Rouges akan bersaing di Grup F dengan Belgia, Maroko dan Kroasia untuk lolos ke fase gugur.

Namun, Kanada harus melakoni pertandingan berat di laga pembuka, melawan Belgia pada 23 November. Setelah itu mereka berjumpa Kroasia dan Maroko secara berurutan.

Baca juga : Titah Jokowi, Ganjar Dukung Penggunaan Masker Di Luar Ruangan

Penampilan Kanada di Piala Dunia 2022 Qatar juga bisa dijadikan sebagai ‘pemanasan’ sebelum menjadi tuan rumah Bersama Amerika Serikat di edisi berikutnya.

Kanada menyegel tiket ke Qatar sebagai satu dari tiga tim Amerika Tengah yang lolos otomatis, selain Meksiko dan Amerika Serikat.

Les Rouges sebenarnya tidak mengawali putaran tiga Kualif­ikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf dengan gemilang. Mereka menelan empat kali seri dan sekali menang di lima pertandingan perdana.

Baca juga : Jenazah Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tiba Di Tokyo

Kanada ditahan Honduras dan Amerika Serikat, sebelum menundukkan El Savador pada matchday ketiga. Kemudian kembali hanya meraup dua poin di dua laga berikutnya, versus Meksiko dan Jamaika.

Jatuh bangun Kanada berlanjut hingga sembilan pertandingan berikutnya. Namun, secara mengejutkan The Reds sukses memuncaki klasemen akhir kualifikasisehingga berhak lolos ke Qatar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense