Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Arara Abadi Siaga Penuh Antisipasi Karhutla Di Riau

Selasa, 21 Juni 2022 20:31 WIB
BPBD Riau meninjau kesiapan PT Arara Abadi antisipasi karhutla. (Foto: Antara)
BPBD Riau meninjau kesiapan PT Arara Abadi antisipasi karhutla. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak Usaha Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas, PT Arara Abadi siaga penuh mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan secara internal sejak Mei lalu. Hal ini mengingat perubahan cuaca yang kadang panas dan kadang hujan. 

Fire Operasional Mangement (FOM) PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Priyo S. Utomo mengatakan, PT Arara Abadi bersama mitra usaha APP Sinar Mas lainnya di Wilayah Riau tidak boleh lengah sedikitpun untuk menjaga dan mengamankan konsesi perusahaan dari karhutla.

Perusahaan juga mendapatkan apresiasi dari kunjungan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau yang juga Wakil Komandan Satuan Tugas Karhutla Riau, M.Edy Afrizal didampingi Kepala Bidang (Kabid) Jim Gafur.

Baca juga : Tips Aman Milenial Penuhi Kebutuhan Dan Mengatur Keuangan

”Memang betul Kalaksa BPBD Riau Edy Arfrizal dan Kabid Jim Gafur kemarin melakukan kunjungan kerja ke tempat kita. Kita memang setiap hari selalu siap karena memang kita menerapkan Siaga," katanya di Siak seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/6).

Dikatakannya, semua peralatan termasuk Helikopter Water Bombing atau bom air dan Patroli selalu siap siaga. Pasalnya PT Arara Abadi adalah satu-satunya perusahaan di Riau yang menyiapkan Helikopter Bom Air Jenis Superpuma dan Bells 412 yang selain digunakan memadamkan karhutla di sekitar areal konsesi juga membantu Riau sampai sejauh 5 Kilometer dari batas luar. 

"Saat ini kita mempunyai dan menyiapkan Heli Water Bombing di Riau sebanyak tiga unit, satu Jenis Super Puma yang mampu mengangkut air dengan kapasitas 5000 liter dan dua Bells 412 dengan kapasitas angkut air sekitar 1200 Liter yang bisa untuk patroli dan tidak sedang water bombing mampu membawa tim patroli dari Tim Reaksi Cepat sekitar sembilan orang lengkap peralatan yang dibawa," urainya. 

Baca juga : Waketum Partai Garuda: Selamatkan Buruh Dari Politisasi Partai Buruh

Selain itu juga didukung Airboat untuk kendaraan multifungsi untuk operasional di darat dan di air. Untuk jenis pompa dan peralatan lainnya sudah melebihi standard yang di tetapkan oleh Pemerintah. 

"Ada 2700 personil terlatih diantaranya 810 bersertifikat pemerintah dan 60 TRC disiapkan kapan saja untuk ikut memadamkan karhutla, belum lagi ribuan tenaga karyawan kita yang setiap saat siap ditugaskan menjaga daerah kita bebas dari asap," tambahnya. 

Kalaksa BPBD Riau selaku WaDanSatgas karhutla Riau, Edy Afrizal mengatakan, pihaknya berkunjung ke PT Arara Abadi-APP Sinar Mas dalam rangka program kerja dari BPBD Riau dengan segala perangkatnya, yang melihat secara langsung perusahaan-perusahaan. Dia juga mengaku sangat puas dan mengapresiasi langkah-langkah strategi dan rencana kerja dari perusahaan.

Baca juga : Cari Jam Antik Sampai Terbaru, Yuk Cek Festival Jam Blibli

"Kita melihat kesiapsiagaan dari PT Arara Abadi yang merupakan group dari perusahaan APP Sinar Mas. Nanti juga akan kita jadwalkan dan bergilir melakukan kunjungan kepada perusahaan perusahaan lainnya baik yang bergerak dalam sektor Industri kehutanan maupun yang bergerak dalam sektor industri perkebunan termasuk berkoordinasi," jelasnya. 

Pihaknya juga sangat mengapresiasi ruang pusat komando penanganan karhutla dari PT Arara Abadi APP Sinar Mas yang sangat lengkap. Itu dengan pantauan satelit dan CCTV serta Insident Command System (ICS) di setiap distrik terintegrasi dengan ruang komando di Perawang. 

Kunjungan Edy Afrizal juga langsung melihat ke areal helibase dan bincang-bincang dengan crew heli serta tim helitack PT Arara Abadi yang berposko bersebelahan dengan helipad. Juga melakukan kunjungan ke Pusat Komando Pengendalian melihat persiapan dan kelengkapan peralatan serta sistem dan rencana kerja. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.