Dark/Light Mode

Jenazah Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tiba Di Tokyo

Sabtu, 9 Juli 2022 15:17 WIB
Mobil yang membawa jenazah mantan PM Jepang Shinzo Abe dan istrinya, Akie tiba di kediamannya di Tokyo, Sabtu (9/7). (Foto: Kyodo)
Mobil yang membawa jenazah mantan PM Jepang Shinzo Abe dan istrinya, Akie tiba di kediamannya di Tokyo, Sabtu (9/7). (Foto: Kyodo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jenazah mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, tiba di kediamannya di Tokyo pada Sabtu (9/7), sehari setelah dia ditembak mati saat kampanye Partai Demokratik Liberal di Prefektur Nara, Jumat (8/7) pukul 11.30 WIB.

Abe yang mengalami henti jantung setelah bagian dada dan lehernya tertembak, sempat ditangani tim dokter Nara University Hospital. Hingga menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat (8/7) sekitar pukul 5.03.

Baca juga : SBY: Shinzo Abe Pemimpin Hebat

"Saat ini, para pejabat Jepang akan bertemu dengan pihak keluarga, untuk membahas rencana pemakaman," perwakilan kantor Abe kepada CNN International, Sabtu (9/7).

Di luar kediaman Abe, ratusan orang berkumpul di jalan-jalan berharap bisa melihat sekilas mobil yang membawa tubuhnya. Warga dari berbagai kelompok usia,  tak percaya dan sedih dengan kematian Abe.

Baca juga : Polisi Jepang Pastikan, Shinzo Abe Ditembak Pakai Pistol Rakitan

"Saya tidak menyangka hal seperti ini terjadi, pada seseorang yang telah lama menjadi pemimpin Jepang. Selama ini, negara kami sangat aman. Kami tidak memiliki kejahatan senjata," kata Takashi Uchida (57).

Seorang siswa bernama Ryogo Uto (18) mengatakan, kematian Abe terasa begitu mendadak. Dia seolah tak percaya, Abe telah tiada.

Baca juga : Dubes RI Tokyo: Shinzo Abe Penguat Hubungan Jakarta-Tokyo

"Abe adalah pemimpin yang disegani, yang melakukan banyak hal positif untuk Jepang selama dia berkuasa," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.