Dewan Pers

Dark/Light Mode

Timnas Meksiko

Pengalaman Segudang Tapi Belum Cicipi Gelar

Kamis, 23 Juni 2022 07:00 WIB
Tim­nas Meksiko. (Foto: AP).
Tim­nas Meksiko. (Foto: AP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Meksiko merupakan satu dari 32 tim yang ikut meramaikan gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. El Tri- julukan Meksiko, tergabung di grup C bersama wakil Asia, Arab Saudi, Argentina (CONMEBOL) serta Poland (Eropa).

Dengan segudang pengalamannya bermain di Piala Dunia, Meksiko punya peluang yang cukup besar untuk menembus fase grup.

Kendati begitu, performa tim besutan Gerardo Martino belakangan ini bisa dibilang belum konsisten. Dalam lima pertandingan terakhir, mereka hanya meraih dua kemenangan, dua kali imbang dan sekali kalah.

Dua dari lima laga tersebut merupakan penampilan di CONCACAF Nations League, di mana mereka menang 3-0 atas Suriname dan imbang 1-1 kontra Meksiko.

Kiprah Timnas Meksiko di kua­lifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF tergolong impresif usai finish di posisi kedua. Meksiko melalui 14 pertandingan di babak kualifikasi dengan hasil 8 kemenangan, 4 imbang, dan 2 kali kalah.

Berita Terkait : Perpusnas Dukung Pengembangan Literasi Di Desa

Mereka hanya kalah selisih gol dari Kanada yang secara mengejutkan finish di posisi teratas, +9 dan +16. Dua kekalahan mereka sepanjang kualifikasi adalah 0-2 dari Amerika Serikat dan 0-1 dari Kanada.

Di skuat Meksiko, Pelatih Gerardo ‘Tata’ Martino bukanlah nama asing di dunia sepak bola. Dia pernah menukangi klub raksasa Liga Spanyol Barcelona.

“Bersyukur, saya mempunyai tim hebat dan pengalaman. Saya berharap bisa memberikan yang terbaik buat Meksiko,” ujar Martino.

Martino menangani Barcelona pada tahun 2013 hingga 2014 dan sempat mempersembahkan trofi Piala Super Spanyol.

Selain itu, pria berusia 59 tahun itu pernah mengarsiteki Tim­nas Paraguay (2007-2011) dan Timnas Argentina (2014-2016).

Berita Terkait : Bahaya Mikroplastik Dalam Tubuh Manusia Belum Bisa Dibuktikan

Prestasi Martino bersama Meksiko adalah menjuarai Piala Emas 2019 dan menjadi runner up CONCACAF Nations League 2019-2020.

 

Guillermo Ochoa pantas disebut sebagai pemain bintang Mek­siko di Piala Dunia 2022. Ochoa selalu menjadi andalan di posisi penjaga gawang sejak debutnya di Timnas pada 2005.

Sampai saat ini, Ochoa telah mencatatkan 129 caps, menempati posisi ketujuh dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak di Timnas Meksiko.

Jika diikutsertakan untuk berlaga di Qatar bulan November-Desember mendatang, setidaknya dia akan naik ke posisi enam menyalip Jorge Campos (130 caps).

Meski rutin berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia, Timnas Meksiko belum berhasil mencicipi gelar juara sekali pun.

Berita Terkait : Gencarkan Pengolahan Daging Sapi Berkualitas, GPW Gelar Jakarta Butcher Challenge

Prestasi terbaik mereka dalam turnamen ini adalah mencapai babak perempat final, yakni pada edisi 1970 dan 1986.

Setelah sempat absen pada 1990, Meksiko secara konsisten terus mendapatkan tempat di Piala Dunia, delapan kali, sampai Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, dalam delapan kesempatan tersebut Los Tricolores hanya mampu menembus fase grup saja, alias terhenti di babak 16 besar. ■