BREAKING NEWS
 

Merah Putih Berkibar Lagi Di Olimpiade Tokyo

Selamat, Eko!

Reporter & Editor :
APRIANTO
Senin, 26 Juli 2021 07:20 WIB
Lifter Eko Yuli Irawan meluapkan kegembiraannya usai meraih medali perak kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020, di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Ini medali kedua yang diraih Indonesia. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bendera Merah Putih kembali berkibar di Negeri Sakura. Kemarin, lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan berhasil menyabet medali perak di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Ini, kedua kalinya Merah Putih berkibar, setelah sehari sebelumnya lifter putri Windy Cantika menyabet medali perunggu. Keberhasilan Eko tersebut membuat Indonesia bangga. Selamat, Pak Eko.

Eko turun di kelompok Men's 61 Kg. Eko berhasil membukukan angkatan dengan nilai 302. Dia kalah tipis dari lifter China Li Fabin, yang meraih emas dengan total nilai 313.

Baca juga : Belum Dapat Sumbang Medali, Deni Minta Maaf

Usaha atlet 31 tahun ini di kategori Snatch, berhasil pada percobaan pertama dengan beban 137 Kg. Pada percobaan kedua dan ketiga dengan beban 141 Kg, Eko gagal. Sementara, pada kategori Clean & Jerk, juga berhasil pada percobaan pertama dengan beban 165 Kg.

Performa Eko sangat membanggakan. Ia berhasil mencetak rekor sebagai satu-satunya atlet di Tanah Air yang berhasil membukukan 4 medali dari 4 kali Olimpiade. Eko tak pernah pulang dengan tangan hampa. Dia berhasil melewati rekor legenda angkat besi Lisa Rumbewas, yang meraih medali pada Olimpiade 2000, 2004, dan 2008.

Baca juga : Ini Jadwal Wakil Indonesia Di Olimpiade Tokyo, Senin 26 Juli

Presiden Jokowi langsung memberi ucapan selamat ke Eko melalui cuitannya di Twitter. "Satu medali lagi dari Olimpiade Tokyo, siang ini dipersembahkan oleh Eko Yuli Irawan, lifter putra Indonesia. Eko meraih medali perak di kelas 61kg putra. Sambil menunggu kabar baik selanjutnya, saya menyampaikan selamat kepada Eko Yuli Irawan," tulis Jokowi, di akun @jokowi.

Eko sebenarnya punya cita-cita besar. Yaitu, meraih medali emas. Dia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjadi yang terbaik. Dia pun bersyukur dengan rezeki berupa medali perak.

Baca juga : Mantap, Eko Sumbang Perak

“Saya minta maaf karena masih belum bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia, sebagaimana cita-cita saya,” ucapnya, saat ditemui Tim Media NOC Indonesia usai pertandingan.

Adsense

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku langsung menghubungi Eko lewat video call untuk menyampaikan selamat dan terima kasih. "Setelah selesai tes doping, saya langsung video call, kasih selamat. Beliau menyampaikan terima kasih dan saya juga menyampaikan ucapan selamat dari Pak Presiden Jokowi," kata Zainudin, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense