Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangganya Rio Membawa Merah Putih Pada Pembukaan Olimpiade Tokyo

Jumat, 23 Juli 2021 14:42 WIB
Peselancar Rio Waida. (Foto : Ist)
Peselancar Rio Waida. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peselancar berdarah Jepang-Indonesia Rio Waida tak sabar menanti pembukaan Olimpiade Tokyo di Olympic Stadium Jumat (23/7) malam. Pasalnya, Rio berkesempatan tampil memimpin kontingen Indonesia membawa bendera Merah Putih.

Bagi Rio, Jepang sudah menjadi rumah keduanya. Pemuda yang lahir di Saitama, 25 Januari 2000 itu merupakan putra dari Muhamad Zaini dan Kaoru Waida.

Baca juga : Cederanya Kambuh, Fedex Tarik Diri Dari Olimpiade Tokyo

"Ini tidak pernah saya bayangkan, bisa tampil di Olimpiade. Nanti malam, saya akan menjadi flag bearer. Saya akan berdiri paling depan membawa bendera Merah Putih, mewakili Kontingen Indonesia. Saya tidak sabar," kata Rio dalam keterangan tertulisnya.

Kedua orang tua Rio adalah peselancar dan sudah mengenalkan ombak sejak kecil kepadanya. Terlebih, saat mereka sekeluarga memutuskan pindah ke Pulau Dewata saat berumur lima tahun.

Baca juga : Jelang Keberangkatan Ke Olimpiade Tokyo, Atlet Wajib Karantina 5 Hari

Malam ini, Rio akan mengenakan baju adat Bali Payas Madya, yakni kemeja putih dan beskap hitam serta kain batik Bali gemerlap emas. Penampilannya akan dipadupadankan dengan sandal tradisional Jepang, tatami.

Rombongan defile Kontingen Indonesia akan dipimpin Chef de Mission Rosan P Roeslani yang mengenakan baju adat Betawi bernuansa putih dengan sarung dan peci Merah.

Baca juga : IOC Dan Menpora Sepakati Target Peringkat Di Olimpiade

Rio berada di barisan terdepan diikuti lifter nasional Nurul Akmal, perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani serta lima pelatih Dirdja Wihardja (angkat besi), Rionny Mainaky (bulu tangkis), Permadi Sandra Wibowo (panahan), Donny Budiarto Utomo (renang) dan Tipi Jabrik Noventin (pelatih selancar).

"Bisa mewakili Indonesia di Olimpiade dan membawa bendera Merah Putih adalah kehormatan bagi saya, dan tentunya ini momentum untuk memperkenalkan surfing agar bisa lebih dikenal di Indonesia," ungkap Rio dilansir Antara. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.