Dark/Light Mode

Bangkitkan Seni Budaya, IndonesiaArt Festival 2022 Kembali Digelar

Jumat, 11 November 2022 09:06 WIB
Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah (batik kuning) meresmikan pembukaan Indonesia Art Festival 2022 di Grand ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis (10/11).(Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka)
Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah (batik kuning) meresmikan pembukaan Indonesia Art Festival 2022 di Grand ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis (10/11).(Foto: Merry Apriyani/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pameran seni lukis dan instalasi yang diinisiasi oleh Perkumpulan Seniman Nasional Indonesia (PESONA), Indonesia Art Festival 2022 (In-Art) kembali digelar setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19.

Pameran yang melibatkan sejumlah seniman dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali ini dilaksanakan mulai 10-24 November 2022 di Grand ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan.

“In-Art 2022 merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil kreativitas seniman di Tanah Air. Ajang pertemuan pegiat dan pecinta seni ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif dan seni budaya di Indonesia,” ungkap Pembina PESONA, Karya Indah saat pembukaan Pameran di Grand ITC Permata Hijau Jakarta Selatan, Kamis (10/11).

Baca juga : Di Markas PBB, Indonesia Sampaikan Keberhasilan Penegakan HAM Di Tanah Air

Menurut Karya, tahun ini menjadi momentum kebangkitan bagi Indonesia di seluruh sektor, termasuk bidang seni budaya yang sempat merasakan mati suri akibat dampak pandemi Covid-19.

"Kami optimis perekonomian,destinasi wisata dan hadirnya ide-ide kreatif yang akan membangkitkan kembali seni budaya Indonesia," lanjutnya. Apalagi Indonesia sendiri memiliki banyak sekali seniman lukis berbakat dengan hasil karya yang sangat mengagumkan. Sehingga pameran seperti In-Art ini mampu mewadahi para seniman tersebut dalam memamerkan karya-karyanya.

"Melalui In-Art 2022 kami juga ingin memberikan edukasi kepada generasi penerus bangsa dan masyarakat pada umumnya, serta para pemerhati dan pencinta seni pada khususnya, tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia yang selalu menarik perhatian mata dunia," tegasnya.

Baca juga : 315 Film Ramaikan Universitas Jember Film Festival 2022

Anggota DPR Komisi X Ferdiansyah mengatakan pameran seni budaya In-Art Festival 2022 menarik karena digelar di pusat perbelanjaan.

“Terobosan baru, karena pameran seni budaya digelar di mall. Selama ini identik dengan galeri seni, ini jadi kolaborasi antara dunia seni dan dunia perdagangan,” jelas Ferdiansyah.

Berbagai karya lukis dan patung beraliran realis dan abstrak, serta hasil karya seni instalasi dipamerkan. In-Art 2022 juga menyajikan berbagai kegiatan menarik lainnya seperti Workshop Seni Lukis, Pelatihan Membatik, Karnaval Budaya dan Melukis On the Spot, serta hiburan live music. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.