Dark/Light Mode

JK Nilai AHY Berpotensi Jadi Cawapres Pendamping Anies

IRMA: Cawapres Harus Bisa Bantu Raih Kemenangan

Minggu, 21 Mei 2023 07:40 WIB
Irma Suryani Chaniago, Ketua DPP Partai NasDem. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka)
Irma Suryani Chaniago, Ketua DPP Partai NasDem. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bicara mengenai potensi Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Anies Baswedan. Menurut JK, AHY punya kemampuan mendampingi Anies. 

Pada awalnya, JK mengatakan, Cawapres untuk Anies menjadi kewenangan internal Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Tak hanya itu, lanjutnya, Anies juga memiliki kewenangan untuk menentukan sendiri sosok yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

"Secara teknis, itu adalah kewenangan koalisi dan Capres," kata JK seusai bertemu AHY di kediamannya, di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Senin malam (15/5).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, AHY mempunyai kemampuan untuk menjadi Cawapres. Kendati demikian, kata dia, mengenai Cawapres untuk Anies menjadi kewenangan koalisi.

Baca juga : HERZAKY: Penilaian JK Sesuai Dengan Hasil Survei

"Pak AHY ini pasti mempunyai kemampuan itu, tapi saya di luar. Itu kan kewenangan partai politik koalisi dan Capres," ujar JK.

Dalam kesempatan yang sama, AHY mengatakan, pertemuan dengan JK selama satu jam itu membahas isu kebangsaan. AHY menambahkan, JK juga banyak memberi pandangan sebagai negarawan yang pernah menjadi Wapres sebanyak dua kali.

"Karena itu, tentu sebagai politisi hari ini, kami ingin mendengarkan pandangan, termasuk berdiskusi tentang berbagai isu, dan tadi bagus sekali," imbuhnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra pun merasa senang AHY dipuji dan diendorse JK. Menurut Herzaky, penilaian JK itu sejalan dengan hasil survei yang menyebut AHY masuk tiga besar sebagai Cawapres. 

Baca juga : Berpeluang Jadi Cawapres, Ini Yang Harus Dilakukan Hadi Tjahjanto

"Memang ada masukan dan aspirasi kuat agar Mas AHY jadi Cawapres untuk mendampingi Mas Anies," katanya kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Ketua DPP Partai NasDem, Irma Suryani Chaniago mengatakan, wajar saja JK memberikan usulan. Tetapi, urusan Cawapres, sudah diserahkan sepenuhnya kepada Anies dan akan dikomunikasikan ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan. 

Untuk membahas topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan Irma Suryani Chaniago.

JK menilai, AHY berpotensi jadi pendamping Anies. Bagaimana respons Anda?

Baca juga : Meski AHY Batal Jadi Cawapres Anies, Pengamat Memprediksi Demokrat Bertahan Di KKP

Memberikan penilaian boleh dan sah-sah saja. Apalagi, Pak JK adalah salah satu tokoh. Tapi, beliau tidak berasal dari partai koalisi yang akan mengusung Mas Anies. Sehingga, secara formal, tidak punya hak menentukan Cawapres.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.