Dark/Light Mode

Menakar Kemungkinan PAN Dan Golkar Ikut Usung Ganjar

Yandri Susanto: Kami Lagi Matangkan Tiga Paket Pasangan

Jumat, 14 Juli 2023 07:30 WIB
Yandri Susanto, Wakil Ketua Umum PAN.
Yandri Susanto, Wakil Ketua Umum PAN.

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Namun, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN) dan PPP, tidak mau dibilang bubar.

Karena itu, tak tertutup kemungkinan, Partai Golkar dan PAN akan mengambil langkah yang sama dengan PPP untuk menghadapi Pilpres 2024. Yang artinya, ada kemungkinan KIB akan bekerja sama dengan PDIP untuk mengusung Ganjar.

Baca juga : Rusli Effendi: Kami Berharap KIB Dalam Satu Barisan

Kemungkinan itu juga tersirat dari pernyataan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. PAN, katanya, saat ini memiliki tiga skenario Capres-Cawapres. Yakni, Ganjar Pranowo-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto-Erick Thohir, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto-Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Itu artinya, salah satu skenario PAN untuk menghadapi Pilpres2024 adalah berkoalisi dengan PDIP dan PPP untuk mengusungGanjar.

Sedangkan Partai Golkar masih mengupayakan agar Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto menjadi Capres. Seiring itu, relawan Pro Jokowi (Projo) memunculkan wacana duet Prabowo- Airlangga untuk Pilpres 2024.

Baca juga : Sopir Truk Dukung Ganjar Beri Bantuan Lampu Jalan Untuk Pangkalan Di Pandeglang

Kendati begitu, belum tertutup kemungkinan, Golkar pun akan bergabung dengan barisan pengusung Ganjar seperti PPP, rekannya di KIB.

Sedangkan PPP yang sudah resmi ikut mendukung Ganjar,mengusulkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno (Sandi) sebagai bakal Cawapres ke PDIP.

Menurut Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi, PPP sudah memberikan mandat kepada Plt Ketua Umum PPP Mohammad Mardiono dan Sandi melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak. Termasuk, mengajak partai lain untuk bersama-sama mendukung Ganjar.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Jalan Santai Bareng Warga Di Bone

Berikut wawancara dengan wawancara dengan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di Gedung KPU, Jakarta, mengenai skenario menghadapi Pilpres 2024.

Bagaimana skenario PAN meng­hadapi Pilpres 2024?

Kami punya skenario tiga pasangbakal Capres-Cawapres. Ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Erick Thohir dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto- Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Itu paket yang sedang kami matangkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.