Dark/Light Mode

Alasan Andi Gani All Out Dukung Ganjar Pranowo: Perhatian Pada Kesejahteraan Buruh

Minggu, 23 April 2023 12:59 WIB
Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Agus Suparto)
Calon Presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Agus Suparto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea yang juga Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Jokowi meyakini Ganjar Pranowo akan mendapatkan dukungan all out dari konfederasi-konfederasi buruh terbesar di Tanah Air setelah ditetapkan sebagai calon presiden PDIP. 

Untuk diketahui, saat ini ada dua konfederasi buruh terbesar di Indonesia yaitu, KSPSI pimpinan Andi Gani Nena Wea dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang dikomandoi Said Iqbal. 

Andi Gani menilai, Ganjar Pranowo memiliki perhatian khusus terhadap kesejahteraan buruh Indonesia.

Baca juga : Aku Ganjar Pilih Politik Suka Ria, Fokus Menangkan Ganjar Pranowo Di DKI Dan Jabar

"Begitu juga dengan meningkatan keterampilan buruh dan peningkatan kesejahteraan buruh tidak hanya dari sisi upah. Selain itu juga kebijakan upah layak, outsourcing, dan PHK," kata Andi Gani yang juga Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) di Jakarta, Minggu (23/4). 

Terkait Ganjar Pranowo, kata Andi Gani, kekuatan besar buruh akan menyampaikan sikap dan dukungannya dalam waktu dekat. 

"Sebagai sahabat saya mengucapkan selamat atas pencalonanan Mas Ganjar Pranowo di dalam Pilpres 2024," ujarnya. 

Baca juga : Mudik Asyik, GBB Dukung Ganjar Berangkatkan 600 Buruh Di Kabupaten Tangerang

Andi Gani mengakui dukungan buruh di 2014 dan 2019 sempat memiliki perbedaan pilihan. Saat itu, Andi Gani mendukung Jokowi. Sementara, Said Iqbal mendukung Prabowo. 

Menurutnya, dua kekuatan besar buruh terpecah mendukung masing-masing calon presidennya. Ia meyakini masyarakat saat ini sudah dewasa dalam menghadapi perbedaan dan pilihan politik, tidak boleh ada perpecahan dalam menyambut pesta demokrasi nanti. 

"Pemilu seperti pertandingan tentu ada pihak yang menang dan pihak yang kalah. Masyarakat sudah dewasa," jelasnya. 

Baca juga : PMN Dukung Ganjar Berangkatkan 400 Mahasiswa Dan Pemuda Mudik Gratis Naik Bus

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menetapkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres dari partai berlambang kepala banteng moncong putih itu di Pilpres 2024 mendatang. 

"Pada Hari Kartini ini maka pada 13.45 menetapkan Ganjar Pranowo untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres dari PDIP," kata Megawati.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.