Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Jokowi Sudah Kantongi Jagoan Di Pilpres, Ganjar Atau Prabowo?

Kris Tjantra: Jokowi Dan Ganjar Sudah Lama Dekat

Kamis, 3 Agustus 2023 06:30 WIB
Kris Tjantra, Ketua Umum Relawan Ganjarist. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Kris Tjantra, Ketua Umum Relawan Ganjarist. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan anaknya yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ditanya soal dukungan ke satu Calon Presiden (Capres). 

Alih-alih menjawab, Jokowi meminta wartawan bertanya ke Gibran. Sedangkan Gibran meminta wartawan bertanya kepada Jokowi.

Kabar mengenai dukungan Jokowi sudah mengarah ke satu Capres, pertama kali disampaikan Gibran, saat bertemu dengan sejumlah relawan Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019, di Restoran Telaga Sampireun, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/7).

Baca juga : Haris Rusli Moti: Hati Terdalam Jokowi Mendukung Prabowo

Saat itu, Gibran menyatakan, ayahnya sudah mengantongi satu nama yang akan didukung pada Pilpres 2024. “Sudah (ke satu Capres),” ucap dia.

Namun, Gibran enggan membeberkan siapa bakal Capres yang didukung Jokowi. Termasuk, ciri-cirinya. Dia hanya memastikan, dukungan telah mengerucut ke satu sosok. “(Ciri-cirinya) nanti saja ya,” elaknya.

Kemudian, wartawan mengkonfirmasi hal itu ke Jokowi di sela peresmian Sodetan Ciliwung, Kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur. Namun, Jokowi mengelak. Alasannya, dia tidak pernah bicara apa-apa mengenai dukungan ke Capres. "Yang ngomong bukan saya," ucapnya.

Baca juga : Terima Kunjungan Menhan Saudi, Prabowo Ngarep Kerja Sama Pertahanan Diperkuat

Saat dibilang yang membocorkan adalah Gibran, Jokowi kemudian menyarankan wartawan bertanya kembali ke putra sulungnya tersebut. "Tanyakan ke Gibran," ujarnya.

Pernyataan Jokowi ini langsung ditindaklanjuti para pewarta di Solo. Saat ditanya mengenai ini, Gibran malah kembali melempar ke Jokowi.

"Tanyakan ke beliau (Jokowi). Saya nggak jawab," ucap Gibran, di Gedung Balai Kota, Solo, Jawa Tengah.

Baca juga : Kaesang Pangarep Kenakan Kaos Bergambar Ganjar Pranowo, Kode Dukungan Jokowi Ke Ganjar?

Gibran kembali enggan menjawab terkait ciri-ciri Capres yang telah didukung Jokowi. Menurutnya, ciri-ciri tersebut belum waktunya disebutkan sekarang. "Nanti saja, jangan sekarang," elaknya.

Suami Selvi Ananda ini juga meminta agar kabar tersebut tidak diperpanjang lagi. Dia berharap, segera disudahi. "Ya sudah, tidak usah dibahas," pinta dia.

Meski begitu, relawan pendukung Prabowo dan relawan Ganjar sama-sama percaya diri (pede), bahwa jagoan mereka yang didukung Jokowi pada Pilpres 2024. Berikut ini wawancaranya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.