Dark/Light Mode

Senopati Syndicate: Kubu Ganjar Dan Prabowo Akan Rebutan Jokowi

Jumat, 23 Juni 2023 22:10 WIB
CEO Senopati Syndicate Raylis Sumitra. (Foto: Ist)
CEO Senopati Syndicate Raylis Sumitra. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi masih menjadi orang yang sangat menentukan dalam mengarahkan dukungan pada Pemilu 2024 yang saat ini menjadi rebutan antara kubu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Hal tersebut dikatakan, Direktur Eksekutif Senopati Syndicate, Robi saat menyampaikan hasil pemantauan medianya di Hotel Sofyan Tebet, Jakarta, Jumat (23/6).

Baca juga : Prabowo Banjir Dukungan Kelompok Relawan Jokowi

Menurutnya, penentuan pilihan capres oleh partai politik lebih banyak mengikuti pertimbangan hasil survei di mana tiga kandidat yang bisa dipastikan akan bertarung dalam capres, yakni Prabowo Subijanto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Kemudian, Robi yang juga dosen FISIP UIN Jakarta mengatakan bahwa penentuan balon cawapres meski juga akan mengacu kepada pertimbangan hasil survei, juga ditentukan oleh pertimbangan lainnya misalkan Prabowo yang dianggap dari kalangan militer dan Ganjar dan Anies yang dianggap dari kalangan sipil. 

Baca juga : Prabowo Selalu Puji-puji Jokowi

Komposisi sipil-militer masih jadi pertimbangan penting dalam menentukan capres-cawapres. Prabowo yang memilki latarbelakang militer menuju pada penggalangan dukungan sipil, khususnya tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya. 

Sementara tim Ganjar yang berlatarbelakang sipil menuju pada penggalangan tokoh-tokoh publik yang memiliki latarbelakang militer. Sementara tim Anies belum terlihat pergerakannya dalam pemantauan media selama satu tahun ini. 

Baca juga : Projo Tunggu Titah Jokowi

Sementara, CEO Senopati Syndicate Raylis Sumitra mengatakan, dalam sambutan launching bahwa lembaganya ini didirikan untuk mengawal keutuhan bangsa dari berbagai ancaman domestik dan global. "Saat ini kita sedang memantau pergerakan isu di media terkait isu-isu apa saja yang mengakibatkan potensi," ujar Raylis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.