Dark/Light Mode

Wacana Duet Prabowo-Gibran Makin Menguat Di Bursa Pilpres

Mikhael Sinaga: Gibran Belum Penuhi Syarat Usia Cawapres

Jumat, 18 Agustus 2023 06:30 WIB
Mikhael Sinaga, Juru Bicara PKB. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Mikhael Sinaga, Juru Bicara PKB. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) berkoalisi dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Prabowo Subianto semakin semarak.

Pasalnya, PKB, Partai Golkar dan PAN menyodorkan jagoannya masing-masing untuk menjadi pendamping Ketua Umum Partai Gerindra itu, dalam Pemilihan Presiden-Wakil (Pilpres) 2024.

PKB menyodorkan Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. PAN menyodorkan Menteri BUMN Erick Thohir. Partai Golkar menyodorkan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto. 

Baca juga : Dahnil Anzar Simanjuntak: Prabowo Siap Duet Dengan Siapa Pun

Seiring itu, nama Wali Kota Solo yang juga anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menguat dalam bursa Cawapres bagi Prabowo. Setidaknya, hal itu terindikasi dari hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA terbaru.

Berdasarkan survei ini, Gibran dianggap mewakili generasi milenial dan generasi z yang menjadi mayoritas pemilih pada Pilpres 2024.

“Data penelitian kami, per hari ini, tingkat kesukaan dan keterkenalan Gibran sudah sangat tinggi,” kata Peneliti LSI Adrian Sopa di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Senin (14/8).

Baca juga : Viva Yoga Mauladi: Baiknya Bikin Dulu Kriteria Cawapres

Dari nama-nama bakal Cawapres Prabowo, kata Adrian, popularitas Gibran paling tinggi dibandingkan Erick Thohir, Airlangga Hartarto, dan Muhaimin Iskandar. Popularitas Gibran mencapai 66,5 persen. Kemudian, Erick 61,8 persen, Airlangga 52,3 persen, dan Muhaimin 43,1 persen.

Namun, Juru Bicara DPP PKB Mikhael Sinaga mengingatkan, saat ini Gibran belum bisa menjadi Cawapres, karena belum memenuhi syarat usia minimal 40 tahun. 

Menurut Ketua DPP Partai Gerindra Dahnil Anzar Simanjuntak, Prabowo siap bekerja sama dengan siapa saja, termasuk Gibran.

Baca juga : Kubu Imin Berusaha Santai

Untuk lebih detailnya, berikut wawancara dengan Dahnil dan Mikhael tentang wacana duet Prabowo-Gibran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.