Dark/Light Mode

Wacana Duet Prabowo-Gibran Mencuat

Kubu Imin Berusaha Santai

Jumat, 4 Agustus 2023 07:40 WIB
Ketua DPP PKB, Daniel Johan. (Foto: dok. DPR RI)
Ketua DPP PKB, Daniel Johan. (Foto: dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak terpengaruh dengan wacana duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024. Partai berlogo Bintang Sembilan ini masih yakin, Ketua Umumnya, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin adalah Cawapres Prabowo yang paling rasional.

“Tidak khawatir dengan wa­cana itu,” ujar Ketua DPP PKB, Daniel Johan, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dijelaskan, wacana ini mun­cul setelah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan gugatan atau uji materi terha­dap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Khususnya, soal batas minimal usia calon presiden dan wakil presiden.

Baca juga : Duet Prabowo-Gibran Dibunyikan Di Golkar

Dalam Pasal 169 huruf q Undang-Undang Pemilu berbunyi “Persyaratan menjadi calon Presiden dan calon wakil presiden, adalah berusia paling rendah 40 tahun.” Aturan main itu, digugat PSI agar diturunkan menjadi 35 tahun.

Jika MK mengabulkan gugatan PSI, maka peta bursa Pilpres 2024 akan berubah. Termasuk Gibran, sebagai simbol dukungan Presiden Jokowi kemungkinan menjadi kontestan. Karena, saat ini Wali Kota Solo itu berusia 36 tahun. Gibran, lahir di Solo, 1 Oktober 1987.

Anggota Komisi IV DPR ini mengamini, Prabowo mendapatkan sinyal kuat dukungan Presiden Jokowi. Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) siap melanjutkan program baik Jokowi ketika menang di Pilpres 2024.

Baca juga : Dukung Prabowo, GP Prabu Target Menang Di Kandang Banteng

Soal Cawapres, akan memu­tuskan Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024. "Besar kemungki­nan, kedua tokoh itu memajukan nama mereka,” katanya.

Menurutnya, duet Prabowo-Cak Imin adalah pasangan rasional untuk Pilpres 2024. Mereka saling melengkapi. Mulai dari koalisi partai nasionalis-agamis, kepemimpinan berlatar militer-sipil, hingga Prabowo memiliki kantong suara besar di Jawa Barat, dan Cak Imin di Jawa Timur.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid. Sejauh ini keyakinan Cak Imin akan bakal dipilih Prabowo sebagai Cawapres masih kokoh. "Ya kan kita fokus menjodohkan Pak Prabowo dengan Gus Muhaimin. Jadi sudah itu saja fokusnya. Optimis 99,9 persen optimis," kata Jazilul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.