Dark/Light Mode

Pendukung Capres Saling Klaim Program Dana Abadi Pesantren

Cucun Ahmad Sjamsurijal: Program Sudah Jalan Sejak Dua Tahun Lalu

Minggu, 29 Oktober 2023 01:27 WIB
Cucun Ahmad Sjamsurijal, Wakil Ketua Badan Anggaran DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Cucun Ahmad Sjamsurijal, Wakil Ketua Badan Anggaran DPR. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Dana Abadi Pesantren, adalah salah satu program Prabowo-Gibran. Tanggapan Anda?

Dana Abadi Pesantren telah dijalankan sejak sekitar dua tahun lalu, berdasarkan Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Dana Penyelenggaraan Pesantren. Lahirnya Perpres Nomor 82 Tahun 2021, merupakan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 18/2019 tentang Pesantren. 

Seperti apa prosesnya di parlemen waktu itu?

Kami di parlemen, kerap mendapatkan pertanyaan, apa output dan outcome pesantren bagi pertumbuhan ekonomi, jika APBN mengalokasikan dana untuk pesantren. 

Baca juga : Dahnil Anzar Simanjuntak: Kita Harus Kolaborasi Buat Suatu Yang Baik

Kami juga kerap dicibir, bahwa urusan negara ini, tidak hanya pesantren saja. Kami dicibir, tidak usah terlalu ngotot urus produk legislasi untuk pesantren.

Apakah Anda merasa, ini adalah program yang sudah diperjuangkan PKB?

Fraksi PKB sudah menyampaikan pandangannya tentang pentingnya Undang-Undang Pesantren dan Dana Abadi Pesantren di berbagai forum resmi DPR, seperti rapat Komisi VIII, rapat Badan Anggaran, hingga mengajukan draf Rancangan Undang-Undang Pesantren di Badan Legislasi. 

Di forum publik, Gus Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum PKB juga aktif meminta dukungan berbagai kalangan untuk menggolkan Undang-Undang Pesantren dan Dana Abadi Pesantren yang Alhamdulillah, akhirnya berhasil.

Baca juga : Sayang Nelayan, Erick Dan Teten Luncurkan Program Solar Bersubsidi

Bagaimana jika program ini menjadi salah satu unggulan Prabowo-Gibran?

Kami mempersilakan jika saat ini banyak pihak yang mengklaim berjasa terhadap Undang-Undang Pesantren atau Dana Abadi Pesantren. 

PKB tidak masalah?

Publik cerdas menilai, mana pihak yang benar-benar berjuang untuk kaum santri, mana pihak yang hanya ingin memanfaatkan suara santri demi kepentingan elektoral.  NNM

Baca juga : Gus Jazil: Kado Istimewa Jelang Hari Santri

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 29 Oktober 2023 dengan judul "Pendukung Capres Saling Klaim Program Dana Abadi Pesantren, Cucun Ahmad Sjamsurijal: Program Sudah Jalan Sejak Dua Tahun Lalu"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.