Dark/Light Mode

Pendukung Capres Saling Klaim Program Dana Abadi Pesantren

Dahnil Anzar Simanjuntak: Kita Harus Kolaborasi Buat Suatu Yang Baik

Minggu, 29 Oktober 2023 01:27 WIB
Dahnil Anzar Simanjuntak, Juru Bicara Prabowo. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Dahnil Anzar Simanjuntak, Juru Bicara Prabowo. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Dana Abadi Pesantren, menjadi salah satu program unggulan pasangan bakal Calon Presiden (Capres) dan bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Namun, menurut Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), program Dana Abadi Pesantren sudah berjalan sejak tahun 2022. 

Dana Abadi Pesantren, menjadi salah satu program Prabowo-Gibran jika terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Gibran saat deklarasi pencalonan bersama Prabowo di Gedung Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10). 

Baca juga : Cucun Ahmad Sjamsurijal: Program Sudah Jalan Sejak Dua Tahun Lalu

"Mohon izin Pak Prabowo, saya ingin membocorkan beberapa program unggulan. Dana abadi pesantren, ini adalah mandat dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019," ujar Gibran.

Selain Dana Abadi Pesantren, pasangan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini juga menyampaikan program kredit murah untuk milenial. Serta, program perlindungan ibu dan anak.

Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Sjamsurijal menilai, Gibran tidak mengetahui, saat ini Dana Abadi Pesantren sudah berjalan. Bahkan, akan mengalami peningkatan pada tahun 2024.

Baca juga : BNI Gelar Program Pencegahan Dan Pengentasan Stunting Balita

Tahun ini, lanjut dia, APBN sudah mengalokasikan Rp 250 miliar untuk Dana Abadi Pesantren yang diambilkan dari Dana Abadi Pendidikan. "Untuk tahun 2024, sudah dimasukkan dalam Undang-Undang APBN dan akan meningkat Rp 2 triliun, yang  diambilkan dari tambahan Dana Abadi Pendidikan Rp 15 Triliun,” ujar Wakil Ketua Badan Anggaran DPR dari  Fraksi PKB ini di Jakarta, Kamis (26/10).

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo-Gibran akan menyempurnakan program Dana Abadi Pesantren yang sudah ada saat ini. 

“Itulah, antara lain yang akan dilakukan Prabowo-Gibran. Kita kolaborasi untuk kebaikan,” ucap Dahnil kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (28/10).

Baca juga : Dukung Pemerintah, BNI Gelar Program Pencegahan Dan Pengentasan Stunting Balita

Berikut wawancara dengan Dahnil Anzar Simanjuntak mengenai hal tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.