Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Prabowo Bakal Pensiun Jika Kalah Pilpres Lagi

Eko Kuntadhi: Wajar, Prabowo Sudah Tiga Kali Kalah Pilpres

Selasa, 5 Desember 2023 06:20 WIB
Eko Kuntadhi, Wakil Direktur Eksekutif Direktorat Konten Medsos TPN Ganjar-Mahfud. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Eko Kuntadhi, Wakil Direktur Eksekutif Direktorat Konten Medsos TPN Ganjar-Mahfud. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto menyatakan bakal pensiun jika kalah lagi dalam Pilpres.

“Saya berdiri di depan rakyat Indonesia. Saya minta mandat untuk kita ubah nasib bangsa ini. Kalau Saudara tidak memberi mandat, saya tidak apa-apa. Saya patriot. Saya akan naik gunung, pensiun,” ujar Prabowo saat menghadiri Mukernas III Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tahun 2023 yang disiarkan secara daring, Sabtu (2/12). 

Seperti diketahui, Prabowo telah maju sebagai calon pada empat Pilpres. Pertama, pada Pilpres 2009, sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping Megawati Soekarnoputri. Kedua, pada 2014 sebagai Capres. Berdampingan dengan Hatta Rajasa sebagai Cawapres.

Baca juga : Achmad Gojali Harahap: Prabowo Unggul Dari Segala Aspek

Selanjutnya, pada Pilpres 2019, Prabowo menjadi Capres dengan menggaet Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Cawapres. Pada Pilpres 2024, Prabowo menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres. 

Bersama Gibran, Prabowo menegaskan ingin melihat Bangsa Indonesia terhormat dan menghilangkan kemiskinan. Selain itu, Prabowo menuturkan, Indonesia harus menjadi bangsa kuat yang tetap menghormati negara-negara lain. 

"Kita hormat sama Anda, sama Amerika, sama China. Hormat sama semua. Tapi, kita harus kuat. Itu perjuangan yang harus kita lakukan," tutur dia.

Baca juga : Pengamat: Kalau Dijodohin, Ganjar Dan Prabowo Sulit Ditandingi

Pernyataan Prabowo ini menimbulkan perbedaan pemaknaan di publik. Ada yang merespons positif. Ada juga yang negatif. 

Wakil Direktur Eksekutif Direktorat Konten & Media Sosial Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Eko Kuntadhi menilai, Prabowo sudah menyadari bahwa mayoritas anggota masyarakat tidak mau memilihnya. 

Namun, menurut Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dominggus Oktavianus, pernyataan Prabowo itu menunjukkan keikhlasan. "Beliau memang mengungkapkan apa isi hatinya. Tapi, pernyataan itu bukan dalam kerangka pesimistis, melainkan keikhlasan," tutur dia.

Baca juga : Dahnil Anzar Simanjuntak: Prabowo Siap Duet Dengan Siapa Pun

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Eko Kuntadhi mengenai hal tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.