Dark/Light Mode

Kalah Pilpres 2024, Ganjar Pranowo Pilih Jadi Oposisi

Kris Tjantra: Mas Ganjar Tidak Mencla-mencle

Jumat, 10 Mei 2024 07:40 WIB
Kris Tjantra, Ketua Umum Relawan Ganjarist. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Kris Tjantra, Ketua Umum Relawan Ganjarist. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah kalah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, mantan Calon Presiden asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo bersikap.

Mantan anggota DPR ini menegaskan, tidak mau jika diajak bergabung atau diajak masuk ke dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) ini menyatakan berada dalam barisan oposisi. "Saya, Ganjar Pranowo tidak akan di pemerintahan," tegas Ganjar di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Baca juga : Menhub Berbenah Besar-besaran

Namun, lanjut Ganjar, sikap berada di barisan oposisi ini, merupakan pernyataan pribadi, bukan sikap resmi PDIP. "Meskipun saya diusung partai, pernyataan itu sebagai pribadi," ujarnya.

Kemungkinan, PDIP akan mengeluarkan kebijakan tentang posisinya setelah Pilpres, saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 24, 25, dan 26 Mei 2024. "Partai akan memutuskannya, saat rakernas pada akhir bulan ini," kata Ganjar.

Sikap Ganjar yang memilih menjadi oposisi setelah kalah dalam Pilpres 2024, disambut baik relawan pendukungnya. 

Baca juga : Ka’bah Nggak Sejalan Dengan Pilihan Ganjar

"Kami sebagai relawan Ganjar Pranowo, senang mendengar keputusan tersebut," kata Ketua Umum Relawan Ganjarist, Kris Tjantra.

Bagaimana respons para pengusung Prabowo mengenai sikap Ganjar itu? Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi tidak mempermasalahkan Ganjar memilih jadi oposisi. 

Baginya, oposisi penting untuk mengoreksi kebijakan Pemerintah. Termasuk, pemerintahan Prabowo Subianto tahun 2024-2029.

Baca juga : Lawan PKS Semakin Berat

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Kris Tjantra, mengenai sikap Ganjar yang memilih beroposisi ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.