Dark/Light Mode

Hari Guru, Ratusan Pelajar-Mahasiswa Ikuti Festival Film di Unas

Minggu, 27 November 2022 16:17 WIB
Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022 yang digelar Unas (Foto: Dok. Unas)
Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022 yang digelar Unas (Foto: Dok. Unas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan pelajar dan mahasiswa dari sejumlah provinsi di Indonesia mengikuti perhelatan Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022, yang digelar Universitas Nasional (Unas). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-73 Unas dan memperingati Hari Guru Nasional. SMAN 68 Jakarta dan Universitas Trisakti memperoleh piala Karya Film Terbaik.

Kepala Lab Fotografi Ilmu Komunikasi FISIP Unas Umar Fauzi Bahanan menyatakan, pihaknya mengundang sejumlah sekolah dan kampus yang berasal dari Sumatera Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat untuk ikut perhelatan ini. "Kami undang sejumlah sekolah dan kampus dari berbagai provinsi. Alhamdulillah kita dapat ratusan film, dan 23 di antaranya masuk nominasi," ujar Umar, seperti keterangan yang diterima redaksi, Minggu (27/11).

Baca juga : Ganjar Gayeng Bareng Ratusan Pelajar Bahas Moderasi Beragama

Pelajar dan mahasiswa dari sejumlah sekolah dan kampus se-Tanah Air ini memperebutkan 13 kategori lomba. Yaitu, Karya Film Pelajar Terbaik, Karya Film Mahasiswa Terbaik, Sutradara Terbaik, Ide dan Skenario Terbaik, Aktris Utama Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Aktor Utama Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Artistik dan Properti Terbaik, Sinematografi dan Pencahayaan Terbaik, Animasi Editing dan Spesial Efek Terbaik, Kostum dan Make Up Terbaik, dan Karya Film Terfavorit.

Hasil penilaian juri yang merupakan sejumlah dosen dari sejumlah kampus, khususnya dosen pengampu mata kuliah videografi, fotografi, produksi siaran TV, editing audio visual, memutuskan SMAN 68 Jakarta, dengan judul film “Viral” dan Universitas Trisakti dengan judul film “Manifesto” berhak memperoleh dan dinobatkan sebagai karya film terbaik.

Baca juga : Lempar 5 Telur Ke Raja Charles Dan Permaisuri, Mahasiswa York University Ditangkap

"Para pemenang ini, karya filmnya bagus sekali, sudah seperti nonton film bioskop. Karyanya bisa dikatakan sekaliber Joko Anwar dan Hanung Bramantyo," tambah Umar, yang juga merupakan dosen videografi di Unas.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unas Adi Prakosa mengapresiasi karya-karya film yang telah diproduksi sejumlah sekolah dan kampus, di antaranya dari SMAN 68 Jakarta, SMKN 3 Tangsel, SMK Atlantis Plus Depok, SMKN 2 Cibinong Bogor, SMAN 1 Kendari, SMK Muhammadiyah Aimas Sorong, Universitas Trisakti, Universitas Satya Negara Indonesia Bekasi, dan Universitas Nasional. "Kegiatan ini dibuat untuk mengasah kreativitas pelajar dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan SDM di Indonesia dan kualitas perfilman Tanah Air," ucap Adi Prakosa, selaku pimpinan Prodi dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Unas.

Baca juga : Sambil Senam, Ratusan Emak-emak Tasikmalaya Dukung Puan

Kegiatan ini telah berlangsung sejak 2019, dengan tajuk Fest FUN yang merupakan akronim dari Festival Film Universitas Nasional, yang pesertanya terdiri dari mahasiswa dan pelajar. Saat pandemi Covid-19 pada 2020, lomba ini hanya diikuti mahasiswa saja dengan menggandeng Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (Aspikom). Sementara, pada 2021 digelar hanya untuk pelajar saja. Baru pada 2022, kembali digelar untuk pelajar dan mahasiswa. Rencananya pada 2023 akan diselenggarakan secara internasional.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.