Dark/Light Mode

Peringati Hari Sumpah Pemuda

8 Ribu Pelajar Ramaikan Festival Pelajar Nusantara 2022

Minggu, 23 Oktober 2022 11:57 WIB
Konferensi pers penyelenggaraan Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2022, di Jakarta, Minggu (23/10). (Foto: Dede/RM)
Konferensi pers penyelenggaraan Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2022, di Jakarta, Minggu (23/10). (Foto: Dede/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Jakarta bersama Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, berkolaborasi menggelar Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2022

Kegiatan bertema "Masa Depan Generasi Muda Jakarta Yang Maju, Berbudaya dan Bermartabat" ini diselenggarakan di LPP RRI Jakarta pada 23 - 28 Oktober 2022. Adapun lokasi kegiatan FPN di lakukan di Auditorium Yusuf Ronodipuro, Auditorium Abdul Rahman Shaleh, Galery Tri Prasetya dan Pelataran RRI Jakarta.

Kepala Stasiun LPP RRI Jakarta Nazwin Achmad mengatakan, tujuan dari FPN ini adalah untuk mewadahi pelajar SMA/SMK se-DKI Jakarta dalam menyalurkan kreatifitas, membangun sinergi antarpelajar dalam berorganisasi dan berkolaborasi. 

"Ini menjadi salah satu cara melatih pelajar untuk membangun sinergi dalam berorganisasi dan berkolaborasi dengan stakeholders," kata Nazwin di Jakarta, Minggu (23/10).

Baca juga : Prodia Resmikan Lokasi Baru Cabang Kebayoran

Selain itu Nazwin juga menegaskan, FPN juga menjadi cara berkomunikasi  antarpelajar dengan guru atau pembimbing dalam melakukan manajemen kreativitas untuk menghadirkan potensi diri pelajar dan membangun kebersamaan.

"RRI hanya memberikan pengarahan,  membimbing, membantu dan mengawal bagaimana mereka melakukan sinergi dalam mengelola kegiatan FPN 2022," kata Nazwin.

Dikatakan Nazwin, melalui kegiatan FPN ini juga diharapkan dapat membangkitkan mental, spiritual, dan jiwa ke-Indonesiaan para pelajar untuk menghadapi tantangan dimasa depan. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Nahdiana berharap, dengan adanya kegiatan ini para pelajar dapat menggali dan mengasah kreativitasnya. Selain itu, pelajar di DKI Jakarta juga dapat menunjukkan kemampuan dalam berkreasi.

Baca juga : Penataan Permukiman Kumuh Kelayan Barat

"Jadi pesan saya, tunjukanlah kepada Indonesia bahwa kreativitas dan kemampuan pelajar di DKI Jakarta terbaik dan bisa dibanggakan. Semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh dan dapat ditiru oleh banyak pihak," ujarnya.

Ketua FPN 2022 yang juga merupakan Ketua Forum OSIS DKI Jakarta, Alexandra Tasha Devana Calista Rasyid Putri mengatakan, dalam kegiatan FPN 2022 ini akan dihadiri sekitar 8000 pelajar SMA/sederajat di DKI Jakarta. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada RRI yang sudah memberikan wadah untuk para OSIS dan MPK yang RRI-Disdik DKI Jakarta Kolaborasi Gelar FPN 2022

"Kami berharap kegiatan ini diikuti oleh instansi lain, baik dari pemerintah maupun swasta," kata Calista.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Calista untuk Dinas Pendidikan dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang telah memfasilitasi para pelajar untuk dapat mengikuti kegiatan FPN 2022.

Baca juga : TPA Sampah Banjarbakula: Ramah Lingkungan, Satu-satunya Di Kalimantan

Kegiatan FPN ini terdiri dari: Lomba Band Indie, Lomba Fashion Show, Lomba Tari Kreasi Nusantara, Lomba Monolog, Games Edukasi, Workshop Jurnalistik dan Reporter, Workshop Broadcasting dan Voice Over Talent, Workshop Sosial media, Lomba Pameran, dan juga menghadirkan UMKM.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.