Dark/Light Mode

KKN Untag Surabaya Beri Pelatihan Masyarakat Ubah Sampah Plastik Jadi Ecobrick

Kamis, 15 Juni 2023 20:38 WIB
Pelatihan dan pendampingan pembuatan ecobrick ke Ibu Kader Lingkungan Desa Kalipecabean, Sidoarjo (Foto: Dok. Pribadi)
Pelatihan dan pendampingan pembuatan ecobrick ke Ibu Kader Lingkungan Desa Kalipecabean, Sidoarjo (Foto: Dok. Pribadi)

Permasalahan menumpuknya sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta pembakaran sampah yang masih sering dilakukan masyarakat menjadi titik fokus dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Untuk itu, kelompok KKN Untag Surabaya melakukan pembimbingan dan pelatihan kepada masyarakat Desa Kalipecabean, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, pengenai dengan dosen pembimbing lapangan Moh Nor Ali Aziz.

Ketua Bank Sampah BCA Ibu Edi menyampaikan, warga di Desa Kalipecabean biasa membuang langsung plastik, tampa ada pemilahan lagi. Kalau tidak dibuang, sampah tersebut bisa juga dibakar.  

Solusi yang ditawarkan kelompok KKN Untag Surabaya adalah dengan melakukan pemanfaatan limbah plastik seperti plastik snack dan plastik botol. Pemanfaatan yang dimaksud adalah membuat ecobrick dari sampah plastik.

Ecobrick merupakan istilah yang digunakan untuk menamai hasil pengelolaan sampah plastik menjadi sebuah bata. Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah plastik yang lama terurai. Inovasi ecobrick bisa dijadikan kursi, meja, atau bahkan pagar. Ecobrick mampu memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik. 

Bu Edi menyatakan, pelatihan yang diberikan kelompok KKN Untag Surabaya menarik untuk dilakukan. Pemanfaatan plastik masyarakat Desa Kalipecabean, yang awalnya masih kurang, mungkin ke depannya bisa diadakan lomba ecobrick. Dengan begitu, selain pemanfaatan limbah plastik, masyarakat juga bisa membedakan sampah organik dan anorganik dan bisa mengolahnya menjadi barang yang ada nilai jualnya.

Belqis Audy Ratulia, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.