Dark/Light Mode

Institut STIAMI Gelar Kuliah Umum Bersama News Presenter TVOne Seera Safira

Sabtu, 18 November 2023 14:04 WIB
Kuliah Umum public speaking yang digelar Institut STIAMI. (Foto: Istimewa)
Kuliah Umum public speaking yang digelar Institut STIAMI. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Public speaking atau berbicara di depan umum bukan sekadar keterampilan, tetapi seni yang memadukan kata-kata, ekspresi, dan kepercayaan diri untuk menyampaikan pesan dengan dampak maksimal. Keterampilan ini bukan hanya berguna dalam dunia bisnis dan akademis, juga menjadi sarana yang kuat untuk memotivasi, menginspirasi, dan mengubah pandangan orang.

Untuk melatih keterampilan public speaking, Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI (Institut STIAMI) menggelar kuliah umum dengan menghadirkan news presenter TVOne Seera Safira. Kuliah umum ini mengambil tema "Public Speaking and How To Be News Presenter TVOne" yang dilaksanakan Program Studi dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Komunikasi Institut STIAMI. 

Baca juga : Dubes Venezuela Beri Kuliah Umum Di Universitas Moestopo

"Sebuah keterampilan yang kini sangat dibutuhkan adalah komunikasi. Oleh karena itu, kampus hadir untuk menjembatani kebutuhan tersebut dengan para ahli komunikasi, seperti produser televisi, presenter televisi, dan profesi lain yang berkaitan dengan praktisi komunikasi," ujar Wakil Rektor Institut STIAMI Hartono, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (18/11).

Untuk menjadi news presenter di televisi, menurut Seera Safira, diperlukan kombinasi keterampilan, dedikasi, dan kemampuan untuk beradaptasi. Karena itu, pada kuliah umum ini, Seera Safira mengajak beberapa mahasiswa untuk langsung melakukan praktik public speaking dengan membaca naskah berita dan mencoba belajar menjadi news presenter TV. Tak hanya itu, praktik live report juga dilakukan mahasiswa Manajemen Komunikasi Institut STIAMI dari Kampus A Bekasi.

Baca juga : Bamsoet Beri Kuliah Umum di Yeungnam University, Korea Selatan

"Penguasaan keterampilan berbicara adalah kunci utama. Presenter TV harus dapat menyampaikan informasi dengan jelas, lancar, dan menarik," ujar Seera.

Pembawaan materi yang lugas dari Seera Safira mampu memancing mahasiswa Institut STIAMI untuk berperan aktif dalam kuliah umum ini. Ketika sesi tanya jawab dibuka, banyak mahasiswa dengan antusias bertanya, yang direspons Program Studi Manajemen Komunikasi dengan memberi hadiah bagi 3 penanya terbaik.

Baca juga : Santrine Ganjar Gelar Istigasah Bersama Kiai Dan Lora Di Pamekasan

"Kami berkomitmen akan menggelar kegiatan serupa dengan tema yang berbeda demi mengasah kemampuan mahasiswa dan menjawab kebutuhan pasar setelah mereka lulus," Dekan Institut STIAMI Evi.

Kuliah umum dihadiri 400 peserta secara online dan offline. Presenter TV adalah pekerjaan yang menarik dan menantang, karena memerlukan kombinasi keterampilan teknis, pengetahuan mendalam, dan kepribadian yang menarik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.