Dark/Light Mode

Dubes Venezuela Beri Kuliah Umum Di Universitas Moestopo

Jumat, 27 Oktober 2023 06:21 WIB
Duta Besar Venezuela untuk Indonesia Radames Gomez Azuaje memberikan kuliah umum di Universitas Moestopo, Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Foto Dok Universitas Mustopo)
Duta Besar Venezuela untuk Indonesia Radames Gomez Azuaje memberikan kuliah umum di Universitas Moestopo, Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Foto Dok Universitas Mustopo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Venezuela untuk Indonesia Radames Gomez Azuaje menyampaikan pandangannya mengenai potensi Venezuela, Indonesia dan ASEAN kepada civitas di Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta, Selasa (24/10/2023), dalam kuliah umum berjudul "ASEAN: a Strategic Priority for Venezuel".

Dalam pemaparannya, Azuaje mengatakan, Indonesia beserta negara-negara di kawasan ASEAN adalah rekan potensial bagi Venezuela untuk berbagai hal. Venezuela memiliki beberapa strategi prioritas untuk mengembangkan kerja sama antarkawasan.

“ASEAN merupakan kawasan penting bagi Venezuela. Karena itu, pendekatan ke ASEAN adalah hal penting,” paparnya, dikutip dari keterangan tertulis Kedubes Venezuela, Rabu (25/10/2023).

Baca juga : Dubes Meksiko Armando Gonzalo Alvarez Pamer Keahlian Memasak Dua Menu Favorit

Azuaje mengatakan, Venezuela memprediksi, di masa depan ASEAN tidak hanya akan menjadi pemain di tingkat regional semata, tapi akan masuk dalam skenario internasional.

Ada beberapa hal strategis bagi Venezuela berkaitan hubungannya dengan ASEAN. Seperti untuk mendiversifikasi hubungan internasionalnya, mempromosikan keanekaragama dunia, memperkuat kerja sama Selatan-Selatan, meningkatkan potensi kerja sama dan bisnis di berbagai bidang.

“Venezuela dan ASEAN juga bisa berbagi prinsip dan gagasan untuk mencari berbagai persamaan yang pada akhirnya bisa menjadi sebuah alternatif untuk menghadapi tindakan-tindakan pemaksaan sepihak dan untuk mendiversifikasi pasar,” paparnya.

Baca juga : Bamsoet Beri Kuliah Umum di Yeungnam University, Korea Selatan

Azuaje menekankan, penguatan kerja sama sangatlah penting untuk memperdalam hubungan ekonomi dan politik. Sebab, saat ini potensi pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara sangat besar didorong oleh perdagangan dan investasi.

“Untuk bidang bisnis, ada beberapa hal yang bisa dikembangkan bersama, seperti peningkatan di sektor perdagangan, energi, finansial dan perbankan, hingga yang berkaitan dengan food security,” lanjutnya.

Kepala Program Studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Moestopo, Nadirah, menjelaskan hubungan antara Indonesia dan ASEAN dengan Venezuela bisa memberi titik cerah pada dunia.

Baca juga : Generasi Z Bersatu Lawan Sampah Plastik Di Universitas Bakrie

“Perbedaan wilayah, bahasa, dan kultur bukan penghalang terjalinnya persahabatan,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.