Dark/Light Mode

Sempat DO, Samsul Kini Sekolah Lagi Setelah Dibantu Bupati Indramayu

Senin, 20 Mei 2024 05:29 WIB
Tim yang dibentuk Bupati Indramayu Nina Agustina saat menemui Samsul Ramadhan, siswa SMP yang sempat putus sekolah. (Foto: Istimewa)
Tim yang dibentuk Bupati Indramayu Nina Agustina saat menemui Samsul Ramadhan, siswa SMP yang sempat putus sekolah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Samsul Ramadhan (14) siswa yang sempat drop out (DO) dari sekolah kini bisa kembali mengenyam pendidikan untuk masa depannya. Kepastian itu didapat setelah Bupati Indramayu Nina Agustina menurunkan tim untuk menangani masalah tersebut.

Sebelumnya, Samsul, warga Jalan Samsu Blok Bong RT 01/RW 08, Kelurahan Lemahmekar, Kecamatan Indramayu, yang sekolah di SMPN 4 Sindang, yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena alasan biaya. Samsul baru bersekolah selama satu tahun. Ketika kenaikan kelas, dia tidak masuk meskipun sudah dibujuk oleh gurunya untuk kembali melanjutkan sekolah. Dia bersikukuh menolak karena tidak ada biaya.

Setelah ibunya meninggal dunia dan ayahnya berangkat bekerja di Kalimantan, saat ini Samsul menumpang hidup di kakaknya, Sopiah Supriatin (23) yang tinggal di rumah sangat sederhana.

Baca juga : Amaterasun Raih Rekor MURI Sunscreen Transparan Pertama di Indonesia

Menerima laporan ini, Bupati Indramayu Nina Agustina langsung memerintahkan tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Camat Indramayu, dan Lurah Lemahmekar untuk segera menangani Samsul agar bisa kembali masuk sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu Caridin menjelaskan, hasil kunjungan ke kediaman Samsul dan pihak sekolah, siswa tersebut bersedia melanjutkan pendidikannya dengan pindah ke SMPN 3 Sindang.

"Ananda Samsul memilih pindah ke SMPN 3 Sindang dengan alasan bisa berboncengan sepeda dengan temannya untuk berangkat ke sekolah. Nanti kembali masuk sekolah bersamaan dengan ajaran baru," kata Caridin, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (19/5).

Baca juga : Kalau Main Bola, KPU Sudah Dikartu Merah

Menurut Caridin, perhatian Bupati Nina Agustina untuk menyelamatkan pendidikan Samsul sangat tinggi. Dengan terus bersekolah, diharapkan Samsul memiliki masa depan yang cerah untuk bisa mengangkat harkat dan martabat keluarganya.

"Apresiasi dari Bupati Nina Agustina sangat tinggi. Di bawah kepemimpinan beliau, sekarang Samsul Ramadhan bisa kembali melanjutkan sekolah," kata Caridin didampingi Kabid SMP Eti Herawati.

Caridin menambahkan, selain menyekolahkan kembali Samsul, pada kesempatan itu Bupati Nina juga memfasilitasi kakaknya Sopiah Supriatin (23) untuk melanjutkan sekolahnya dengan menempuh pendidikan non formal melalui program unggulan Kejar Paket (Ja-Ket).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.