Dark/Light Mode

Dapil Sulawesi Tengah

Bagi Pendatang Baru, Pintunya Terbuka Lebar

Jumat, 26 Januari 2024 07:55 WIB
Dapil Sulawesi Tengah Bagi Pendatang Baru, Pintunya Terbuka Lebar

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang pendatang baru masuk ke Senayan pada dapil Sulawesi Tengah (Sulteng) terbuka lebar. Pasalnya, dua dari tujuh petahana dipastikan absen di Pemilu 2024 pada dapil tersebut.

Dapil Sulteng terdiri dari Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Buol, Kabupaten Donggala, Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Poso, Kabupaten Sigi, Kabupaten Tojo Una Una, Kabupaten Tolitoli, dan Kota Palu itu.

Baca juga : Ketua DPRD Sumsel Apresiasi Kesigapan Penanganan Banjir Di Muba

Pada Pemilu 2019, 7 Caleg berhasil melenggang ke Senayan lewat Dapil Sulteng. Ke-7 caleg itu adalah Supratman Andi Agtas dari Gerindra, Matindas J. Rumambi PDIP, Muhidin Mohamad Said Golkar, Ahmad Ali NasDem, Sakinah Aljufri PKS, Sarifuddin Sudding PAN, dan Anwar Hafid Demokrat.

Dari ketujuh orang tersebut, lima di antaranya kembali maju di dapil yang sama. Sedangkan dua orang lainnya, yakni Supratman Andi Agtas dan Ahmad Ali absen. Keduanya nyaleg di dapil yang berbeda.

Baca juga : Dapil Sulawesi Utara: Banteng Masih Kuat

Supratman dilempar ke Dapil NTB I. Sedangkan Ahmad Ali dipercaya melebarkan basis suaranya di Dapil DKI Jakarta I. Itu artinya kursi Supratman dan Ahmad Ali bakal diperebutkan oleh muka baru.

Lantas siapa berpeluang? Berdasarkan daftar caleg tetap (DCT) yang dirilis KPU, terdapat sejumlah pesohor yang ikut berebut di dapil Sulteng. Para penantang baru itu berasal dari politisi tulen, pengusaha hingga artis ibu kota. Bahkan, ada juga anggota DPR yang pindah dapil seperti Djenri Alting Keintjem.

Baca juga : Dapil Sulawesi Barat: Pertarungan Unik, Ibu-Anak, Suami-Istri Saling Berhadapan

Djenri merupakan anggota dewan periode 2019-2024 Fraksi PDIP dari Dapil Sulawesi Utara. Namun, di Pileg 2024, dia mencoba keberuntungan dengan bertarung di Dapil Sulteng. Dapil ini kian ketat karena diikuti oleh jebolan artis Ibu Kota, Karmila Warouw. Wanita kelahiran Palu 5 Juli 1974 itu nyaleg melalui Gerindra.

PKS menempatkan figur yang tidak asing di Senayan. Namanya Akbar Zulfakar Sipanawa. Pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini bukan orang baru bagi masyarakat Sulteng. Dia pernah menjabat anggota DPR periode 2009-2014 dapil Sulteng. Kala itu, Akbar menggantikan kursi yang ditinggalkan Adhyaksa Dault.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.