Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Garuda-Singapore Airlines Perkuat Kerja Sama Komersial

Jumat, 26 November 2021 21:40 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (Foto: Istimewa)
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia dan Singapore Airlines (SIA) memperkuat hubungan baik yang telah terjalin selama ini. Garuda-SAI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang memungkinkan kedua maskapai untuk mengeksplorasi kemitraan komersial yang luas dan menawarkan penumpang berbagai added value melalui berbagai opsi tambahan serta pengalaman perjalanan yang semakin seamless.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Chief Executive Officer Singapore Airlines Goh Choon Phong, Jumat (26/11). Penandatanganan ini bertepatan dengan momentum implementasi kebijakan peraturan bebas karantina Jalur Perjalanan Vaksinasi (Vaccinated Travel Lane/VTL) antara Indonesia dan Singapura yang akan diberlakukan mulai 29 November 2021.

Melalui kerja sama ini, Garuda dan SIA sepakat untuk mengoptimalkan potensi penyelarasan program frequent flyer, kegiatan pemasaran bersama, dan inisiatif untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. Kedua maskapai juga berkomitmen untuk mengoptimalkan peluang pertumbuhan baru di segmen angkutan udara, serta kerja sama dalam kegiatan pemeliharaan, perbaikan, dan overhaul armada.

Baca juga : Dubes Amerika Sung Yong Kim, Siap Perkuat Kerja Sama Antar Alumni Kampus Paman Sam

Selain itu, Garuda dan SIA juga bersepakat menjalin kerja sama pengembangan konektivitas penerbangan. Mulai sejak 1 Oktober 2021, Garuda dapat menghubungkan pengguna jasa Singapore Airlines dari Singapura menuju Bali, Jakarta, dan Surabaya. Sebaliknya, penumpang Garuda juga dapat menikmati penerbangan ke London yang dilayani SIA. Selanjutnya, SIA juga akan memperluas jaringan penerbangan bagi penumpang Garuda ke Mumbai, yang diharapkan akan mulai dapat dioperasikan pada 1 Januari 2022.

Garuda-SIA juga menyepakati penjajakan pengembangan jaringan lainnya ke destinasi yang berada pada jaringan kedua maskapai. Hal ini untuk mendukung peningkatan konektivitas udara ke Indonesia dan Singapura, serta kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya.

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra berharap, kerja sama komersial antara kedua maskapai ini akan menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan aman bagi penumpang di tengah meningkatnya lalu lintas udara antar negara. Kedua maskapai membawa misi yang sama dalam kerja sama ini, yaitu mendukung penguatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Singapura.

Baca juga : Bappenas Tegaskan Pentingnya Strategi Penguatan Kerja Sama Lintas Sektor Gizi

“Kami berkomitmen untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan pariwisata dengan ikut serta memastikan kesiapan infrastruktur transportasi udara, khususnya untuk mengantisipasi program Jalur Perjalanan Vaksinasi (VTL) antara Indonesia dan Singapura,” ujar Irfan, dalam keterangan yang diterima RM.id, Jumat (26/11).

Irfan menjelaskan, kerja sama ini merupakan momentum penting bagi upaya pemulihan kinerja. Garuda berkesempatan menjadi maskapai penerbangan pertama di Indonesia yang dapat mendukung program perjalanan berbasis vaksinasi antara Indonesia dan Singapura yang salah satunya dilakukan melalui kerja sama dengan Singapore Airlines.

“Tentunya berbagai upaya peningkatan layanan ini senantiasa kami selaraskan dengan komitmen konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasional penerbangan yang selama ini menjadi fokus utama kami di Garuda Indonesia," jelas Irfan.

Baca juga : Menkominfo: Presidensi G20 Perkuat Agenda Transformasi Digital

Chief Executive Officer Singapore Airlines Goh Choon Phong mengatakan, pihaknya dan Garuda memiliki hubungan yang kuat dan sudah berlangsung lama. Ini juga mencerminkan hubungan bilateral yang hangat dan kuat antara Singapura dan Indonesia, serta hubungan yang erat antara masyarakat kedua negara. 

“Perjanjian ini memungkinkan kami untuk memanfaatkan kekuatan kedua mitra untuk memberikan para pelanggan kami pilihan perjalanan yang lebih banyak, lebih baik, dan lebih terarah. Ini juga akan memungkinkan untuk kami bekerja sama lebih jauh guna mendukung inisiatif yang memfasilitasi pertumbuhan pariwisata dan kegiatan ekonomi saat perbatasan dibuka kembali,” ujarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.