Dark/Light Mode

Hari Menanam Pohon Indonesia

Hijaukan Tanah Air, TASPEN Mantap Berkolaborasi Dengan BUMN

Minggu, 28 November 2021 12:02 WIB
TASPEN berkolaborasi dengan BUMN dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia 2021, yang diselenggarakan Kementerian BUMN. (Foto: Humas TASPEN)
TASPEN berkolaborasi dengan BUMN dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia 2021, yang diselenggarakan Kementerian BUMN. (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT TASPEN (Persero) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sosial, turut berkomitmen dalam pelestarian lingkungan hidup.

Komitmen tersebut diwujudkan TASPEN, melalui keikutsertaannya dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kementerian BUMN.

Kegiatan ini diselegarakan di Gedung Kementerian BUMN di Jakarta pada Minggu (28/11), dan di 6 titik lainnya di seluruh Indonesia, secara serentak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir, Pgs. Corporate Secretary TASPEN Hari Kusuma Yuda Perwira, Pejabat Eselon I Kementerian BUMN, serta perwakilan Milenial BUMN.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri BUMN.Erick Thohir mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) serta strategi yang berfokus untuk pendidikan, lingkungan hidup dan UMKM.

Gerakan kolaborasi #BUMNHijaukanIndonesia ini tak hanya memiliki dampak untuk BUMN, tetapi juga bagi seluruh masyarakat di Indonesia kini dan nanti.

Baca juga : Didaulat Jadi Bapak BPD Indonesia, Ridwan Kamil Ajak Milenial Kembali Ke Desa

Penanaman pohon ini akan menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060, dan juga menjawab isu dekarbonisasi.

Pgs. Corporate Secretary TASPEN Hari Kusuma Yuda Perwira mengatakan, TASPEN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sosial, sangat memahami pentingnya kelestarian lingkungan dalam menciptakan lingkungan sosial yang baik.

"Upaya penanaman pohon ini merupakan ikhtiar kami dalam menjaga kelestarian lingkungan, guna menciptakan kehidupan yang baik dan membantu mengendalikan perubahan iklim yang terjadi," tutur Hari.

Selanjutnya, TASPEN akan tetap berkomitmen untuk turut menjaga lingkungan. Tidak menutup kemungkinan, juga akan dilakukan kegiatan serupa di kemudian hari, dengan skala yang lebih besar.

Perwakilan BUMN turut melaksanakan Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia secara serentak di 6 lokasi seluruh Indonesia. Yakni Danau Toba (Sumatera Utara) oleh Inalum Utara, Wai Sekampung (Lampung) oleh Pelindo, Kota Pekanbaru (Riau) oleh PTPN V, Kota Rangkasbitung (Banten) oleh PTPN VIII, Kota Batu (Jawa Timur) oleh Pupuk Indonesia, dan Kota Makassar (Sulawesi Selatan) oleh Pertamina.

Kegiatan ini juga menggelar Launching Program Bulan Menanam Pohon Nasional dan Donasi Pohon oleh pegawai BUMN.

Baca juga : Kelola Jaminan Sosial ASN, TASPEN Bersinergi Dengan Negara-negara Asia

Hasil Donasi Pohon yang terkumpul, akan dibelikan bibit pohon endimik yang akan ditanam di Danau Toba, Sumatera Utara.

Melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, setiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia.

Hal ini ditujukan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada seluruh masyarakat di Indonesia, mengenai pentingnya menjaga lingkungan yang ada. Serta mencegah adanya kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Berkaitan dengan hal tersebut, TASPEN melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mendukung adanya program menanam pohon,.dengan ikut serta dalam aksi-aksi sosial seperti Penanaman Pohon Green Program di Purwakarta, Jawa Barat.

Selain itu, juga akan ikut andil dalam kegiatan Penanaman Pohon di Mandalika dan Madura dalam waktu dekat.

Selama masa pandemi, TASPEN menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta, salah satunya dengan menghadirkan digital otentikasi.

Baca juga : Danone Indonesia Bersama LP Ma'arif NU Edukasi Kesehatan Remaja

Layanan ini memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.

Untuk menghindari penularan COVID-19, TASPEN meluncurkan layanan TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim, mengajukan pertanyaan, dan keluhan.

Untuk informasi, dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.Taspen.co.id, dan media sosial Facebook @Taspen, Twitter @Taspen, Youtube TASPEN, Instagram @Taspen.kita, dan Tiktok @Taspen.id. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.