Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertamina Tingkatkan Pengamanan Sarfas pada Malam Takbiran Idul Fitri 1440 H

Selasa, 4 Juni 2019 21:42 WIB
Pertamina Tingkatkan Pengamanan Sarfas pada Malam Takbiran Idul Fitri 1440 H

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina perketat pengamanan sarana dan fasilitas yang ada jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Pengamanan diutamakan pada malam takbiran (H-1) Hari Raya yang memungkinkan adanya kegiatan menyalakan kembang api atau petasan di sekitar area sarfas Pertamina, baik itu kilang Refinery Unit V Balikpapan, Terminal Bahan Bakar Minyak, Depot LPG, dan sarfas lainnya.

Kegiatan pengamanan area sarfas pada malam takbiran dimulai pada pukul 20.00 s.d. 24.00 WITA atau hingga situasi di lapangan dinyatakan kondusif dan aman.

Baca juga : Pertamina Bagikan Pemudik Takjil Gratis di 100 Lebih SPBU Se-Sulawesi

Pengamanan ini juga guna mencegah adanya percikan yang dapat menimbulkan kebakaran. Kewaspadaan juga tidak hanya berpusat pada kembang api atau petasan tetapi juga kegiatan melakukan pawai atau takbir keliling melewati sepanjang jalan atau area dari sarfas yang ada.

Region Manger Communication & CSR Kalimantan, Heppy Wulansari menyatakan, “Kesiagaan dalam pengamanan ini rutin kami lakukan karena sarfas Pertamina adalah objek vital nasional dan menjadi perhatian serius dalam menjaga keamanan lingkungan tidak hanya bagi Pertamina, tetapi bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan area kerja kami.”

Upaya peningkatan pengamanan operasional dan area sarfas juga dilakukan dengan beberapa hal seperti penambahan petugas pengamanan di beberapa pos yang berdekatan dengan lingkungan masyarakat, baik yang berasal dari petugas security internal Pertamina maupun Bawah Kendali Operasi (BKO) dari TNI dan Polri.

Baca juga : Kedubes Singapura Bikin Video Ucapan Selamat Idul Fitri, Ini Isinya

Petugas pengamanan melakukan patroli darat di sepanjang jalur area sarfas yang berpotensi dijadikan tempat bermain petasan atau menyalakan kembang api.

Untuk pengamanan Kilang RU V, selain patroli darat, patroli laut juga dilakukan menggunakan speedboat di sepanjang pesisir pantai di belang kilang RU V mulai dari area Jetty-1 sampai dengan area dumping.

Lebih lanjut Heppy menegaskan, “Kami sangat menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalakan kembang api atau petasan di area dekat sarfas Pertamina, karena potensi bahaya sangat tinggi.

Baca juga : Rahmad Ingatkan Pemainnya Jaga Berat Badan Pasca Libur Lebaran

Kami percaya bahwa masyarakat sudah cukup bijak dalam hal ini.” Imbauan kepada masyarakat juga disosialisasikan melalui media spanduk di beberapa titik strategis di area sarfas untuk tidak melakukan kegiatan menyalakan kembang api dan atau petasan.

Pertamina pun berkoordinasi dengan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat dan instansi terkait lainnya untuk menghimbau tidak menyalakan lampu suar ke arah sarfas Pertamina dalam hal ini, RU V Balikpapan pada malam takbir Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Manajemen RU V juga melaksanakan kegiatan on duty untuk membantu pengawasan kegiatan pengamanan area kilang yang dilaksanakan oleh sekuriti dan jajarannya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.