Dark/Light Mode

BNI Xpora Perkuat Ekosistem Diaspora Dorong Kinerja Ekspor UMKM

Jumat, 17 Desember 2021 17:00 WIB
Dirut BNI Royke Tumilaar (kedua kiri) sesuai menandatangani MoU dengan HOI di Jakarta, Jumat (17/12). (Foto: Dok. BNI)
Dirut BNI Royke Tumilaar (kedua kiri) sesuai menandatangani MoU dengan HOI di Jakarta, Jumat (17/12). (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) bersama House of Indonesia Econesia atau HOI memperkuat ekosistem Diaspora Indonesia dalam membuka potensi bisnis global yang kuat untuk mendorong usaha khususnya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional. 

HOI merupakan sebuah entitas bisnis yang dikelola oleh diaspora Indonesia di Sydney Australia yang selama ini sudah aktif melakukan importasi produk-produk dari Indonesia dan dipasarkan di Australia.

Baca juga : Bupati Jepara: Kekuatan Parpol Bisa Dorong Percepatan Vaksinasi

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, selain untuk mendukung ekosistem Diaspora, dengan kolaborasi berbagai pihak seperti Kementerian Koperasi dan UKM dan HOI, pelaku UMKM nasional akan memiliki value proposition yang unggul dan fitur-fitur yang lebih relevan.

"Kami harap dengan kerjasama BNI dan HOI Sydney ini berbagai hal seperti pengadaan produk-produk unggulan Indonesia secara berkelanjutan dan menjadi kesempatan bagi UMKM naik kelas sehingga dapat tercapainya 500.000 pelaku UMKM ekspor pada 2030," sebutnya dalam konferensi MoU dengan HOI di Jakarta, Jumat (17/12).

Baca juga : Bamsoet Dorong Digitalisasi UMKM

Selain itu, dia menambahkan, Indonesia masuk ke dalam peringkat 15 negara dengan jumlah migran terbesar di dunia mencapai sekitar 8 juta jiwa, di mana sekitar 2,2 persen berada di Australia.

Seiring besarnya penyebaran diaspora Indonesia, maka potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia. Sehingga diaspora juga mendukung pada aspek ekonomi lainnya seperti kontribusi pada penerimaan remitansi, promosi bisnis dan investasi. 

Baca juga : Perkuat Rantai Pasok, Borong Indonesia Gelar Borong BizWeek

Lalu, terdapat pula manfaat sosial dari peran diaspora yakni untuk mendorong promosi budaya Indonesia dan sebagai salah satu instrumen capacity building untuk negara asal.   
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.